Politik Pemerintahan

Ini Daftar Juara Pamekasan School Fair 2019

Pamekasan (beritajatim.com) – Program pembuka rangkaian Hari Jadi (Harjad) Ke-489 Kabupaten Pamekasan, yakni Pamekasan School Fair 2019 Secara resmi berakhir pada malam puncak yang digelar di Lapangan Nagara Bhakti Kompleks Mandhepa Agung Ronggosukowati, Kamis (17/10/2019) malam.

Dalam pagelaran yang dilaksanakan selama empat hari terakhir secara maraton, terhitung sejak Senin (14/10/2019) lalu. Tercatat sebanyak 30 lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta yang diplot sebagai juara pada ajang yang digelar rutin sejak 2016 silam.

Para juara tersebut terdiri dari 28 lembaga pendidikan dari lima level berbeda yang dinyatakan sebagai juara satu, dua dan tiga, serta satu lembaga pendidikan sebagai juara utama yang berhak mendapatkan tropi khas Bumi Gerbang Salam, Arek Lancor.

Daftar Juara Pamekasan School Fair 2019.

Bahkan pada momentum tersebut, panitia pelaksana juga memberikan trophy bagi 29 lembaga pendidikan yang tercatat sebagai juara, baik lembaga pendidikan negeri maupun swasta. Masing-masing enam tropi untuk lembaga pendidikan tingkat PAUD, Raudatul Atfal (RA) dan TK.

Tropi lainnya untuk enam embaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar Negeri (SDN), enam tropi untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta enam lainnya untuk lembaga pendidikan tingkat atas, yakni Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menegah Atas (SMA).

Sementara untuk tiga tropi berbeda diperuntukkan untuk tiga perguruan tinggi yang ikut serta dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e. Masing-masing Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, STIE Bhakti Bangsa, serta Universitas Madura (UNIRA).

Tiga tropi berbeda untuk katagori lembaga pendidikan yang dinilai keluar sebagai juara umum Pamekasan School Fair 2019, sedangkan satu tropi alias tropi terakhir untuk katagori juara utama yang kembali diraih MTsN 3 Pamekasan.

“Para juara dinilai berdasar tampilan dan konten sesuai tema Pamekasan School Fair 2019, yakni ‘Pamekasan Cantik, Pamekasan Cerdas’. Termasuk juga konten terkait dengan berbagai program maupun inovasi dari lembaga pendidikan, mulai dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi,” kata Event Organizing (EO) Pamekasan School Fair 2019, Andre Havid kepada beritajatim.com, Jum’at (18/10/2019) malam.

Namun demikian, pihaknya enggan menjelaskan secara detail seputar aspek penilaian hingga menghasilkan 30 lembaga pendidikan yang diplot sebagai juara di semua jenjang berbeda. “Soal itu kami pribadi tidak tahu, karena sudah ada tim penilai,” tegasnya.

Hanya saja pihaknya bersyukur pelaksanaan program yang dikawalnya berlangsung lancar, bahkan jauh lebih meriah dibandingkan pelaksanaan sebelumnya yang diletakkan di ruangan tertutup, yakni di Gedung Islamic Centre Jl Raya Panglegur. “Alhamdulillah pelaksanaan berjalan lancar, bahkan jumlah pengunjung jauh lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Dalam rangkaian Harjad Ke-489 Pamekasan, tercatat sebanyak 22 program berbeda yang akan digelar secara maraton hingga beberapa hari kedepan. Masing-masing sebanyak 15 program selama Oktober 2019, serta sebanyak tujuh program pada edisi November 2019.

Rangkaian program selama Oktober 2019, yakni Pamekasan School Fair, Jambore Pemuda Daerah Tingkat Jatim, Festival Budaya Madura, Mekkasan Matoron Arghe, Gebyar Batik Pamekasan Hebat, East Java Climbing Sportaiment, Madura Eksotic Carnival, Seminar International, Malam Kemilau Madura, Gebyar Kolosal 489 Tari Topeng Gettak, Madura Music Daul Fertival, Pekan Budaya Madura, Pamekasan Drumband Carnival, serta Haul Ronggosukowati.

Sementara pada edisi November 2019, masing-masing Lomba PBB Pasukan 8, Kirab Budaya Madura, Run 13K se Jawa Timur, Sinergitas Trail Adventure, Upacara dan Rapat Paripurna, Pesta Rakyat Pamekasan Hebat, serta Gerak Jalan Tradisional Palapa. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar