Politik Pemerintahan

Ini Anggaran untuk Tekan Penyebaran Covid-19 di Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sidoarjo saat ini sedang menyiapkan anggaran sebesar Rp 30 miliar untuk penanganan pencegahan menyebarnya virus Covid-19 di wilayah Sidoarjo.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sidoarjo A. Zaini saat menggelar konferensi pers di Pendopo Delta Wibawa, Senin (23/3/2020).

Anggaran tersebut sudah dihitung berdasarkan kebutuhan di lapangan. Diantaranya pembelian APD (Alat Pelindung Diri) untuk tenaga medis, masker, hand sanitizer serta pengadaan tempat cuci tangan yang rencananya akan dipasang di tempat fasilitas publik dan kebutuhan penunjang percepatan penanganan medis lainnya.

“Anggaran Rp 30 miliar saat ini sudah masuk dalam pembahasan, mudah-mudahan dalam waktu dekat segera diputuskan dan bisa langsung digunakan,” kata Zaini.

Zaini mennjelaskan, jika Sidoarjo sekarang ada tambahan 2 lagi RS rujukan yaitu RS. Anwar Medika Balongbendo dan RS. Khadijah Sepanjang-Taman. Sebelumnya rumah sakit rujukan hanya 3 yakni RSUD Sidoarjo, RSl Siti Hajar dan RS. Mitra Keluarga Waru.

“Saat ini rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Sidoarjo menjadi 5 rumah sakit, dari tambahan dua rumah sakit tersebut minimal ada tambahan dua tempat isolasi setiap rumah sakit,” tambahnya.

Pemkab Sidoarjo saat ini juga sudah memesan alat rapid test Covid-19 dan Alat Pelindung Diri (APD) dan dalam waktu dekat alat yang dipesan tersebut sudah diterima Dinas Kesehatan Sidoarjo. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar