Politik Pemerintahan

HUT ke-57 Bapenda Jatim, Gubernur: Teruslah Berinovasi

Surabaya (beritajatim.com) – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur membidik kerjasama dengan Alfamart, Link Aja, BTN dan OVO. Bapenda berharap dengan mudahnya membayar pajak, wajih pajak di luar Pulau Jawa semakin mudah.

Kepala Bapenda Provinsi Jawa Timur, Boedi Prijo Soeprajitno mengatakan, kerjasama ini untuk memudahkan wajib pajak membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). “Kami akan semakin meluaskan dan mendekatkan, sehingga masyarakat tidak ribet dan lebih happy,” ujar Boedi usai upacara HUT ke-57 di kantor Bapenda Jatim, Senin (7/10/2019).

Pemprov Jawa Timur memang tengah gencar memaksimalkan pendapatan sektor PKB terutama wajib pajak yang ada di luar provinsi.

Bapenda Jatim sudah menggandeng Indomaret untuk memudahkan membayar pajak sejak awal tahun ini. Budi mengklaim, telah ada 40.120 wajib pajak membayar melalui Indomaret dengan angka yang dibayarkan sebesar Rp 19 miliar.

Dari jumlah itu, lanjut Budi, 6 persennya merupakan wajib pajak yang berada di luar Jawa Timur. “Itu yang penting, dengan mendapatkan pemasukan sebesar Rp 1,7 milliar,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawasa berharap inovasi terus dilakukan Bapenda Jatim. “Inovasi layanan adalah sebuah kewajiban. Update teknologi juga sebuah keharusan. Jadi, tidak bisa kita tidak lakukan inovasi. Tidak bisa kita tidak mengupgrade teknologi,” kata Khofifah usai menjadi Inspektur Upacara (Irup) HUT ke-57 dan memotong tumpeng di kantor Bapenda Jatim.

Dalam kesempatan itu, Khofifah juga meresmikan branding 30 unit mobil Samsat Keliling (Samling) milik Bapenda Jatim.

Terpenting, menurut Khofifah, inovasi yang dilakukan dapat memudahkan menjangkau masyarakat. Bapenda sudah bekerja sama dengan Indomaret dan mempunyai layanan Samsat Keliling (Samling).

Dia berharap hal seperti itu terus dikembangkan. Sehingga masyarakat lebih mudah lagi membayar pajak. Terutama wajib pajak yang sedang di luar Jawa.

“Di Jawa, Kalimantan, Sumatera bisa memudahkan. Artinya, Bapenda harus berseiring dengan berbagai inovasi layanan, percepatan layanan, dan penjangkauan itu menjadi penting,” pungkasnya. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar