Politik Pemerintahan

Hujan Belum Merata, BPBD Pamekasan Tetap Distribusikan Air Bersih

Pamekasan (beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, tetap menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah titik terdampak kekeringan. Sekalipun sebagian kecamatan sudah mulai diguyur hujan.

“Pendistribusian bantuan air bersih tetap kemi lakukan ke wilayah terdampak (kekeringan), karena sumber mata air di sumur-sumur masih belum pulih meskipun sudah mulai hujan,” kata Kepala BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus kepada beritajatim.com, Sabtu (2/11/2019).

Dalam sepekan terakhir, hujan mulai mengguyur wilayah Pamekasan dan sekitarnya. Hanya saja kondisi hujan masih relatif singkat dan tidak langsung memenuhi kebutuhan air bersih, khususnya bagi sejumlah wilayah terdampak kekeringan.

“Saat ini kondisi hujan masih tidak terlalu lama, dalam artian masih dalam hitungan jam. Sehingga kondisi tersebut tidak langsung bisa memenuhi kebutuhan air air warga, apalagi di daerah terdampak. Bahkan hingga saat ini sumber mata air di sumur-sumur warga masih kering dan belum normal seperti semula,” ungkapnya.

Pihaknya tetap beracuan pada jadwal proses pendistribusian air bersih sesuai dengan prosedur yang ada, yakni hingga akhir November 2019 mendatang. “Berdasar jadwal yang ada, proses pendistribusian hingga akhir November. Apalagi kondisi hujan belum merata dan mengakibatkan daerah terdampak masih belum sepenuhnya pulih,” jelasnya.

“Dari itu, nanti kita akan melakukan koordinasi sekaligus kajian bersama aparat desa di wilayah terdampak. Apakah masih membutuhkan air bersih atau tidak, jika tidak kita hentikan. Sebab hingga saat ini kita tetap mengacu pada regulasi yang ada, dimana distribusi air bersih terjadwal hingga akhir November mendatang,” tegasnya. [pin/ted] 

Apa Reaksi Anda?

Komentar