Politik Pemerintahan

Petani Sampang Dapat Bantuan Tambahan 200 Ton Pupuk

Sampang (beritajatim.com) – Pengajuan penambahan kuota pupuk urea bersubsidi di Kabupaten Sampang, akhirnya dikabulkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pasalnya, tahun ini, Dinas Pertanian setempat mendapat subsidi sebanyak 200 ton pupuk urea.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian (Disperta) Sampang, Suyono menjelaskan, pengajuan bantuan pupuk kepada Pemprov Jatim disesuaikan dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) di masing-masing wilayah pertanian. Akan tetapi pengajuan tersebut hanya dikabulkan pupuk subsidi jenis urea.

“Jumlah bantuan tahun ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yang berjumlah 190 ton pupuk urea,” ujarnya, Sabtu (2/2/2019).

Menurutnya, bantuan 200 ton pupuk urea tahun ini, akan turun pada triwulan pertama. Namun, pihaknya belum bisa memastikan bantuan pupuk urea tersebut akan memenuhi kebutuhan para petani di Sampang. Hal itu dikarenakan ketergantungan petani kepada pupuk urea di daerahnya cukup tinggi.

“Makanya, karena stok urea tak menentu, kami selalu melakukan permohonan penambahan pupuk. Dan kami meminta agar petani tidak bergantung pada satu jenis pupuk karena semua pupuk aman dan baik untuk tanaman,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, kuota pupuk di Sampang sendiri tahun ini sebanyak 30.264 ton, dengan rincian pupuk urea 19.872 Kilo gram, SP36 sebanyak 4.993 kilo gram,  ZA 2.081 kilo gram, MPK 2.336 Kilo gram dan pupuk organik 1.082 kilo gram.[sar/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar