Politik Pemerintahan

Hendy Siswanto: Pengurusan KTP di Jember Seharusnya Online

Hendy Siswanto

Jember (beritajatim.com) – Hendy Siswanto, salah satu pengusaha yang juga kandidat bupati, mengatakan pengurusan kartu tanda penduduk di Kabupaten Jember, Jawa Timur, seharusnya dengan sistem dalam jaringan (online). Ia menginginkan adanya perbaikan mendasar.

Hendy mengingatkan bahwa warga berhak mendapatkan pelayanan prima. “Sekarang ada yang namanya sistem online (dalam jaringan). Sistem online terintegrasi di semua sistem. Anda di Amerika sana, kalau sudah online, bisa mengurus KTP,” katanya dalam dialog publik yang digelar Universitas Jember dan Persatuan Wartawan Indonesia bertema pelayanan publik, di Warung Kembang, Kabupaten Jember, Selasa (19/11/2019).

“Dengan sistem terintegrasi, kita bisa menyelesaikan seluruh persoalan. Asalkan dokumen lengkap, KTP selesai,” kata Hendy. Terpenting adalah membangun basis data yang tersistem yang bisa diakses masyarakat sebagai bagian dari transparansi.

Sebuah kebijakan juga harus dikaji betul. “Dasar pertama adalah trust, kepercayaan pemimpin kepada anak buahnya. Kalau trust ada, insya Allah aman. Jangankan KTP, urusan dengan pengusaha juga sangat simpel: kembalikan ke aturan yang sudah ada,” kata Hendy. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar