Politik Pemerintahan

Hasil Audit Keuangan PT ADS Diharap Jadi Data Publik

Foto ilustrasi

Bojonegoro (beritajatim.com) – Hasil audit keuangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Asri Dharma Sejahtera (ADS) diharapkan bisa menjadi data publik. Sehingga masyarakat bisa tahu kinerja perusahaan daerah tersebut dalam menjalankan program kerjanya, Kamis (22/8/2019).

Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) IDFoS Bojonegoro, Joko Purwanto mendorong, agar Pemkab Bojonegoro membuka hasil audit keuangan PT ADS. “Terlebih akan ada serah terima kepemimpinan dan harus dipertanggungjawabkan,” kata Direktur IDFoS, Joko Purwanto.

Menurutnya, audit keuangan perusahaan daerah yang khusus mengelola Participating Interest (PI/Penyertaan Modal) Blok Cepu tersebut akan menjelaskan berapa aset yang dimiliki, apakah ada kenaikan atau penurunan, berapa jumlah cash flow-nya, bagaimana cash flow-nya, apakah sehat atau tidak. “Serta bisa melihat pertumbuhan laba ruginya,” tandasnya.

Hasil audit yang mencakup banyak hal tersebut, kata Joko, sangatlah penting. Sehingga, publik bisa menilai keberhasilan kepemimpinan yang baru di tubuh PT ADS, apakah berhasil mengelola keuangan dari hasil PI dengan baik atau tidak. “Kami mendorong adanya perubahan skema kerjasama bagi hasil PT ADS dengan mitranya PT Surya Energi Raya,” tandasnya.

Pihaknya masih menunggu hasil audit yang menjadi dasar pelaksanaan Rapat Usaha Pemegang Saham (RUPS) tahun 2017 termasuk pemilihan Direktur baru PT ADS. Karena, sebuah bisnis itu harus tumbuh. “Kalau sampai sekarang tidak ada direkturnya kan ya susah, apalagi belum ada tanda-tanda kapan ada penerimaan direktur baru” tandasnya.

Sementara itu, Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bojonegoro, Abimanyu Ponco Atmojo Iswinarno mengatakan pengisian jabatan terhadap organisasi perangkat daerah yang kosong masih menunggu hasil Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Pengajuan pengisian jabatan sudah kita ajukan,” ungkapnya. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar