Politik Pemerintahan

Hari Ini, 45 Anggota DPRD Pamekasan 2019-2024 Dilantik

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, periode 2019-2024, bekal menjalani prosesi pelantikan di Mandepa Agung Ronggosukowati Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan, Rabu (21/8/2019).

Jumlah tersebut merupakan para wakil rakyat yang dipastikan terpilih sebagai anggota legislatif pada pelaksanaan Pemilihan Umum Legilatif (Pileg) yang digelar serentak 17 April 2019 lalu.

Berdasar hasil penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Anggota Dewan di Gedung PKP RI Jl Kemuning, Sabtu (10/8/2019) lalu. Tercatat sebanyak 23 anggota wakil rakyat incumbent, serta sebanyak 22 anggota dewan baru.

Mereka nantinya bakal berkantor di Gedung DPRD Pamekasan, yang bertempat di kompleks Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, Jl Kabupaten 107 Pamekasan.

Prosesi pelantikan dikemas dalam kegiatan Rapat Paripurna Istimewa  DPRD Pamekasan, sekaligus pengambilan sumpah jabatan anggota dewan periode 2019-2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Pamekasan, Badrut Tamam serta jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), serta para undangan dari jajaran perwakilan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), Partai Politik (Parpol) hingga organisasi kemasyarakatan dan mahasiswa.

Seperti diketahui, para wakil rakyat tersebut merupakan para pokitisi yang berangkat dari 10 (sepuluh) parpol berbeda dari 5 (lima) Daerah Pemilihan (Dapil) yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kembali mencatatkan diri sebagai parpol terbanyak yang mendelegasikan kader mereka sebagai wakil rakyat, yakni sebanyak 12 orang dari lima Daerah Pemilihan (Dapil) berbeda di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan.

Posisi kedua ditempati Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 7 (tujuh) anggota dewan, disusul Partai Demokrat dengan 6 (enam) kader, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak 5 (lima) kader, serta Partai Gerindra sebanyak 4 (empat) kader.

Sementara lima parpol lainnya, harus menjalin koalisi guna melengkapi komposisi fraksi di DPRD Pamekasan. Masing-masing Partai Golkar dan Partai Bulan Bintang (PBB) yang mendelegasikan sebanyak 3 (tiga) kader, disusul Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai NasDem dilegasi 2 (dua) kader, serta Partai Perindo hanya 1 (satu) kader.

Namun dalam komposisi 45 anggota DPRD Pamekasan kali ini, tidak ada satupun kader maupun politisi dari PDI Perjuangan yang notabene tercatat sebagai parpol pemenang pemenang pemilu dalam skala nasional. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar