Politik Pemerintahan

Harga Gabah Anjlok, Petani Serahkan Tumpeng ke DPRD Jember

Jember (beritajatim.com) – Forum Komunikasi Petani Jember menyerahkan tumpeng nasi kuning kepada Bukri, Ketua Komisi B DPRD Jember, Jawa Timur, di gedung parlemen, Kamis (4/4/2019).

“Penyerahan tumpeng sebagai simbol bahwa petani merupakan penyangga kedaulatan pangan di republik ini, yang kadang terbaikan kesejahteraannya,” kata Ketua FKPJ Jumantoro, usai rapat dengar pendapat dengan Komisi B.

Jumantoro berharap wakil rakyat dan pemimpin lebih peduli terhadap nasib petani saat harga gabah dan komoditas pertanian lainnya terjun bebas. “Perlu diperjuangkan harga pembelian pemerintah (HPP) yang baru yg sesuai dengan harapan petani yaitu Rp 4.500 per kilogram,” katanya.

Jumantoro juga minta bupati mengalokasikan anggaran untuk menyerap gabah petani. “Kami minta kepada Perum Bulog untuk membeli gabah petani dengan harga yang menguntungkan dan menegakkan Inpres Nomor 5 Tahun 2015 dan DPRD mengawalnya,” katanya.

Petani mengalami keterbatasan penjemuran. “Maka penggilingan mitra Bulog harus beli dengan layak agar mampu menyerap semua gabah petani,” kata Jumantoro.

FKPJ meminta agar pejabat pemerintah tidak mengeluarkan pernyataan yang menggundahkan petani. “Harapan kami harga gabah lebih tinggi daripada harga bekatul,” kata Jumantoro.

FKPJ berharap Bulog bersikap transparan dalam kemampuan serapan gabah dan kemampuan anggaran. “Jangan sampai saat musim panen ini anggaran tidak ada, hanya koar-koar akan serap gabah petani,” kata Jumantoro. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar