Politik Pemerintahan

Gus Muhdlor Kampanyekan Perang Lawan Sampah Plastik

Sidoarjo (beritajatim.com) – Program sobo pasar dengan misi blusukan perang terhadap sampah plastik terus dilakukan oleh Bacabup Sidoarjo 2020 H. Ahmad Muhdlor Ali.

Para pedagang dan pelanggan Pasar Krempyeng di Desa Ganting dan Desa Keboansikep, Kecamatan Gedangan pun tak luput dari sasaran sosialisasi anti sampah plastik tersebut.

“Kampanye mengurangi plastik sangat efektif di pasar. Karena penggunaan kantong plastik di pasar banyak dilakukan pedagang dan pembelinya. Kami selalu menyampaikan ke pembeli dan pedagang pasar untuk tidak membiasakan menggunakan kantong plastik,” katanya, Kamis (16/1/2020).

Selama ini, kata pria yang akrab di sapa Gus Muhdlor itu menilai sampah plastik menjadi penyumbang terbesar mampetnya saluran air hingga sungai. Karenanya, ia berinisiatif agar sampah plastik harus dikelola menjadi barang yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga.

Selama ini, banyak masyarakat belum mengetahui cara mengelola sampah plastik. Makanya sampah plastik selama ini hanya dipindahkan, tidak dikelola. Kalau dikelola akan jadi barang bernilai ekonomis. “Jangan sampai sampah plastik, hanya dipindahkan dengan cara dibuang ke sungai atau ke udara dengan cara dibakar,” pinta putra ke-enam Pengasuh Pesantren Progresif Bumi Sholawat, KH Agoes Ali Masyhuri ini.

Selama memberikan sosialisasi bahaya sampah plastik, Gus Muhdlor selalu mendapatkan apresiasi ibu-ibu, pengunjung dan para pedagang di pasar tradisional itu. Tidak hanya memberi penjelasan, dia juga memberikan tas ramah lingkungan agar pembeli dan pedagang tidak lagi menggunakan kantong plastik untuk berbelanja.

“Mulai sekarang, kita harus mulai dari Sidoarjo agar lingkungan bisa terjaga dan tetap bersih dari sampah plastik,” tandas Direktur Pendidikan Bumi Sholawat ini. [isa/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar