Politik Pemerintahan

Gudang Sempit, Ribuan Kotak Suara ‘Diungsikan’ ke Lapangan Tenis

Ketua KPU Jombang memantau pemindahan kotak suara dari gudang ke lapangan tenis indoor

Jombang (beritajatim.com) – KPU Jombang memindahkan ribuan kotak suara dari gudang penyimpanan di Jl KH Hasyim Asyari ke lapangan tenis indoor milik pemkab setempat, Senin (11/2/2019). Pemindahan tersebut dilakukan karena gudang tersebut tidak cukup digunakan menata dan merakit kotak suara.

Pemindahan logistik pemilu tersebut menggunakan dua unit truk. Ketua KPU Jombang Muhaimin Sofie dan anggota Bawaslu Jombang David Budianto ikut memantau dalam kegiatan tersebut. Selain itu, sejumlah petugas kepolisian juga berjaga di lokasi.

Muhaimin Sofie mengatakan, pemindahan kotak suara tersebut dilakukan selama dua hari. Yakni dari gudang penyimpanan ke lapangan tenis indoor. Maklum saja, jumlah kotak suara itu mencapai 21.530 unit. Sehingga tidak muat jika perakitan dilakukan di gudang penyimpanan tersebut.

Ketua KPU Jombang Muhaimin Sofi (baju putih) dan anggota Bawaslu Jombang David Budianto (baju batik)

“Kita pindahkan lokasinya. Karena besok lusa perakitan kotak suara mulai dilakukan. Kalau perakitan dilakukan di gudang, tidak akan muat. Kalau di lapangan tenis lebih layak karena tempatnya luas,” kata Muhaimin menjelaskan.

Muhaimin mengatakan, kotak suara yang berada di gudang masih berupa lembaran. Satu pak berisi lima unit lembaran kotak suara. Selanjutnya, lembaran itu dirakit hingga membentuk kotak kubus. “Karena bentuknya kotak, secara otomatis membutuhkan tempat yang lebih luas,” ujarnya.

Muhaimian berani menggeransi bahwa seluruh kotak tersebut aman. Dalam arti tidak dimakan tikus atau tidak terkena air hujan. Pasalnya, gudang tersebut cukup terjaga kebersihannya. Juga atapnya tidak bocor.

“Sebelum kita simpan, kita juga menyemprotkan obat anti serangga. Sehingga kotak suara tidak mungkin dimakan rayap. Penjagaan petugas juga cukup ketat. Ada polisi yang berjaga di gudang ini,” kata Muhaimin. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar