Politik Pemerintahan

Bangun Dermaga Dungkek - Pulau Giliyang

Gubernur Khofifah Serahkan Bantuan Keuangan Rp 60 Miliar

Sumenep (beritajatim.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengucurkan dana Rp 60 miliar untuk pembangunan dermaga Dungkek yang menghubungkan ke Pulau Giliyang, Kabupaten Sumenep.

Bantuan keuangan tersebut diserahkan langsung Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Sumenep, A. Busyro Karim di Pelabuhan Dungkek, Sabtu (11/5/2019). Penyerahan bantuan keuangan itu sekaligus diikuti dengan peletakan batu pertama pembangunan dermaga Dungkek oleh Gubernur Jawa Timur.

“Pembangunan dermaga yang akan menghubungkan ke Pulau Giliyang ini anggaran 2019. Jadi harus segera dikerjakan. Rencana awal, peletakan batu pertama Maret. Tetapi karena ada edaran KPK yang meminta segala bentuk bantuan keuangan atau bantuan sosial harus diserahkan setelah Pilpres, akhirnya ya baru terealisasi hari ini,” kata Khofifah.

Ia menjelaskan, besaran anggaran Rp 60 miliar tersebut sesuai dengan hitung-hitungan Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKAD) Jawa Timur pada tahun 2018, yang direalisasikan pada anggaran 2019. “Anggaran ini juga mendapatkan pendampingan dan pengawasan KPK, mulai dari perencanaannya, konstruksinya, hingga pelaksanaannya,” ungkap Khofifah.

Ia berharap agar infrastruktur pelabuhan yang ada di Sumenep, secara bertahap bisa dibangun. Termasuk dermaga menuju Pulau Giliyang, pulau dengan kandungan oksigen tertinggi kedua di dunia. “Pulau Giliyang ini salah satu kekayaan Indonesia yang luar biasa. Kandungan oksigennya terbaik kedua di dunia setelah Yordania. Ini merupakan potensi wisata istimewa bagi Sumenep,” ucapnya. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar