Politik Pemerintahan

Gubernur Jatim Optimistis Partisipasi Pilpres dan Pileg 2019 Capai 80 Persen

Surabaya (beritajatim.com) – Pada Pemilihan Umum Langsung Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR, DPD dan DPRD pada 17 April 2019 nanti partisispasi masyarakat di Jawa Timur diharapkan bisa mencapai 80 persen.

Hal ini dikatakan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, yang akrab dipanggil Pakde Karwo saat Menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Ketertiban & Keamanan di Wilayah Provinsi Jawa Timur di Grend City Surabaya, Senin (4/2).

Oleh sebab itu, kata Gubernur, yang terpilih nanti betul-berul melaksanakan mandat diberikan oleh masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya.

Menurut Pakde Karwo menjelang pelaksanaan pemilihan umum presiden dan wakil presiden serta Pileg situasinya semakin memanas, tetapi di Jawa Timur sampai saat ini tetap aman dan nyaman.

“Agar situasi Jawa Timur tetap aman nyaman dan kondusif salah satunya adalah pemerintah terus menjaga agar 17 kebutuhan barang pokok cukup tersedia dengan harga yang stabil dan terjangkau,” kata Pakde Karwo, Rabu (6/2/2019)..

Komoditas barang pokok yang tersedia saat ini seperti produksi susu sapi 55 persen dari susu nasional disuplay dari Jawa Timur.

Kemudian telur ayam ras 30 persen di Indonesia berasal dari Jawa Timur dan dari jumlah tersebut 40 persen produksi telur di Jawa Timur berasal dari Kabupaten Blitar.
Kemudian beras premium seperti mentik wangi dan bengawan serta beras medium IR64 yang paling laku di masyarakat harganya cenderung turun dan ditambah gula pasir dan menyak goreng curah juga harganya cukup stabil rata-rata Rp 10.500/kg dan tepung terigu Rp 7.000/kg.

Dari beberapa barang pokok yang masih produksinya minus hanya kedelai dan bawang putih. Sementara untuk bawang merah cukup bahkan surplus, kemudian daging ayam ras dan daging sapi Jawa Timur berlebihan sebagaian telah disuplay keprovinsi lain di Indonesia yang membutuhkan.

Disamping stok persediaan barang pokok aman harga juga cukup terkendali dan stabil sehingga dari data Badan Pusat statistik (BPS) inflasi di Jawa Timur pada 2018 sebesar 3,13 persen (year on year). Kestabilan harga barang pokok di Jawa Timur disa dilihat di SiskaPerbapo Disperindag Jawa Timur dan dberbagai media cetak dan elektronika.

Jwa Timur dengan jumlah penduduk 39,29 juta orang pada 2018 dengan Produk Domistik Regional Bruto (PDRB) di Jawa Timur pada 2018 mempunyai kontribusi 14,47 persen dari Produk Domistik Bruto (PDB) nasional serta 25 persen ekonomi di Jawa ada di Jawa Timur.

Kemudian pendapatan perkapita masyarakat Jawa Timur saat ini rata-rata sudah menembus 4011 dollar AS. Kondisi tersebut tercapai karena tidak terlepas dari keamanan yang kondosif aman nyaman hingga sampai saat ini. Kondisi keamanan dan kenyamanan menjadikan iklim di Jawa Timur berjalan cukup bagus

Kunci penting untuk untuk menjaga keamanan di Jawa Timur adalah terletak pada kerjasama yang bagus antara camat, Poksek dan Danramil yang kompak. Kekompakan tiga pilar lembaga ini adalah kunci menjadikan Jawa Timur aman, nyaman dan kondosif.

Kegiatan Rakor Kantibmas di Surabaya ini dihadiri oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Mayjen Pur TNI Sudarmo, Ketua DPRD Jawa Timur Halim Iskandar, Pamdam V Brawijaya Mayjen TNI Wisnu Prasetyo Budi, Kapoldan Jawa Timur,Irjen Polisi Luki Hermawan, Kajati Jawa Timur dan Bupati/walikota se-Jawa Timur.(ted/kominfo)

Apa Reaksi Anda?

Komentar