Politik Pemerintahan

Gubernur Jatim Berharap Budidaya Melon Bisa Turunkan Kemiskinan

Tuban (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama dengan Bupati Tuban Fathul Huda melakukan panen raya secara buah melon dalam Festival Melon 2019 yang berlangsung di Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Sabtu (11/5/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur berjanji akan memfasilitasi pendampingan bagi para petani melon yang ada di Kabupaten Tuban khususnya yang ada di desa tersebut. Selain itu, diharapkan keberadaan petani melon yang ada  bisa dikembangkan dengan baik dan bisa untuk mengentaskan kemiskinan.

Gubernur Jawa Timur bersama dengan Bupati Tuban langsung melakukan panen melon secara simbolis di kebun milik petani desa setempat. Selanjutnya, Khofifah melakukan diskusi dengan para petani yang hadir dalam kesempatan tersebut.

“Saya ingin mendapatkan peta yang real dari informasi yang saya dapat bahwa Tuban sebetulnya bisa menjadi sentral budidaya melon. Kedua yang saya belum lihat fisiknya tapi saya sudah lihat beberapa proses termasuk masa panen adalah kelengkeng. Kelengkeng Tuban itu kualitasnya ekspor,” ungkap Khofifah.

Gubernur Jatim menyatakan bahwa ingin belajar banyak dari Tuban terkait dengan keberadaaan budidaya melon dan juga kelengkeng. Pasalnya, pengembangan dua komoditas tersebut semua menggunakan lahan milik para petani itu sendiri.

“Saya ingin belajar banyak dari Tuban, karena Kelengkeng, Melon ini adanya di pedesaan, dan kemiskinan di Jawa Timur 15,2 persen ada di pedesaan. Kalau kemudian para petani itu punya kesempatan bertanam melon, seperti yang disampaikan Bupati Tuban maka provitnya bisa enam sampai tujuh kali dari modalnya,” papar Khofifah.

Dengan hasil profit yang berkali lipat itu, Gubernur membayangkan bahwa hasil keuntungan dari bertanam melon bisa menyejahterakan para petani menjadi percepatan dalam pengentasan kemiskinan di Jawa Timur. Sehingga dalam proses perputaran pertanian itu pasti akan banyak membutuhkan tenaga kerja.

“Oleh karena itu, proses holtikultura yang mendapatkan pendampingan dengan baik, terutama peningkatan kualitas sampai dengan permodalan dan akses pasar dengan baik, saya rasa ini bisa menjadi salah satu pintu masuk harapan percepatan penyejahteraan. Terutama pada ikhtiar menurunkan kemiskinan masyarakat pedesaan di Jawa Timur,” tegasnya.

Sementara itu, Festival Melon 2019 yang berlangsung di Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban itu dilanjutkan dengan rebutan buah tersebut. Ribuan melon hasil panen dari warga desa tersebut kemudian dibuat gunungan dan dibagikan kepada warga yang ikut dalam festival itu. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar