Politik Pemerintahan

Gubernur: Ada 361 Desa Tertinggal, Tahun 2020 Harus Sudah Mentas!

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, di Jatim masih ada 361 desa tertinggal. Pada tahun 2020, sebanyak 361 desa tertinggal itu harus sudah mentas alias tidak ada lagi desa tertinggal di Jatim.

“Itu berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Tahun 2020, saya menargetkan tidak mau ada lagi desa tertinggal. Pada tahun 2018, ada 1.208 desa tertinggal dan sekarang tersisa menjadi 361 desa,” tegasnya.

Caranya, menurut dia, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta bahu-membahu mewujudkan target itu.

“Tolong semua OPD intervensi secara spesifik. Agar 2020 tidak ada lagi desa tertinggal,” tuturnya.

Khofifah tidak merinci secara detail 361 desa tertinggal tadi. Tapi nanti OPD terkait seperti Biro Administrasi Pemerintahan dan Otoda Setdaprov Jatim, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jatim, Dinas Sosial Provinsi Jatim dan lainnya bisa saling bersinergi ‘mengeroyok’ 361 desa tertinggal itu agar menjadi maju dan mandiri.

“Bentuk dan caranya silakan ditentukan sendiri. Sesuaikan dengan kondisi desa yang ditangani. Selain melalui peogram BumDes (Badan Usaha Milik Desa), bisa juga dikembangkan Dewi Cemara (Desa Wisata Cerdas Makmur Sejahtera),” pungkasnya. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar