Politik Pemerintahan

Gerindra Protes Kehilangan Suara DPRD Jatim di Kaliwates Jember

Nur Elya Anggraini

Jember (beritajatim.com) – Partai Gerakan Indonesia Raya memprotes kehilangan suara hasil pemilu legislatif DPRD Jawa Timur di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

Protes disampaikan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi di Surabaya beberapa waktu lalu.

“Saksi Gerindra mengatakan bahwa di empat kelurahan di Kecamatan Kaliwates ada dugaan suara partai itu hilang. Yang bersangkutan bilang hilang di tujuh kelurahan. Tapi lembar C1 yang diberikan (sebagai bukti) ada empat kelurahan,” kata komisioner Badan Pengawas Pemilu Jatim Nur Elya Anggraini, Rabu (15/5/2019).

Bawaslu saat ini sedang mengkaji laporan itu. “Ini kami tindaklanjuti dengan meneliti berkas-berkas, misalnya dengan berkas yang dimiliki Bawaslu. Kalau misalnya ada pergeseran, kami akan panggil pihak-pihak terkait,” kata Nur Elya.

Nur Elya mengatakan, penanganan persoalan diserahkan ke Bawaslu Jember. “Teman-teman Jember ini sekarang masih meneliti berkas. Nanti mereka rapat pleno apakah ada dugaan pelanggarannya. Kalau ada, mereka akan klarifikasi dengan pihak-pihak terkait selama 14 hari,” katanya.

Setelah semua prosedur klarifikasi dilewati, maka Bawaslu Jember akan melakukan rapat pleno untuk menentukan jenis dugaan pelanggaran. “Kalau pelanggaran administratif, maka sidangnya di tingkat Bawaslu provinsi. Kalau pelanggaran etik. diteruskan ke DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu). Kalau pidana, ya diteruskan ke Gakumdu (Penegak Hukum Terpadu). Kalau sengketa, ya kami sidang ajudikasi,” kata Nur Elya. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar