Politik Pemerintahan

Gerindra-Perindo-Berkarya Satu Fraksi, Embrio Pilkada Jember

Foto: Muhammad Firdaus

Jember (beritajatim.com) – Partai Gerindra, Perindo, dan Berkarya sepakat bergabung dalam satu fraksi di DPRD Jember, Jawa Timur, untuk masa 2019-2024. Persatuan tiga partai ini juga merupakan embrio bagi sebuah koalisi dalam pemilihan kepala daerah tahun depan.

Fraksi ini memiliki 10 kursi, yakni tujuh kursi Gerindra, dua kursi milik Perindo, dan satu kursi milik Berkarya. Dengan jumlah 10 kursi, mereka bisa memenuhi syarat untuk mencalonkan pasangan bupati dan wakil bupati sendiri jika berkoalisi.

“Kami harapkan bergabungnya Berkarya, Perindo, dan Gerindra minimal jadi embrio. Tak hanya penguatan koalisi di tingkat parlemen, tapi diharapkan ini embrio untuk persiapan pilkada 2020,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Berkarya Jember Muhammad Firdaus, Rabu (21/8/2019).

Hal ini dibenarkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Perindo Jember Hanung P. “Mungkin pada saatnya nanti, pada pemilihan kepala daerah 2020, kami punya pandangan yang sama untuk mencari pemimpin Jember yang lebih baik. Insya Allah ini akan kami teruskan pada pilkada,” katanya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Jember Mohammad Satib mengatakan, masih terlalu jauh untuk membicarakan koalisi pilkada. Namun ia membenarkan potensi koalisi tiga partai itu dalam pilkada Jember. “Mudah-mudahan ini bisa jadi embrio pelaksanana pilkada ke depan. Bisa ada kemungkinan berkoalisi. Semua serba mungkin,” katanya. [wir/but] 

Apa Reaksi Anda?

Komentar