Politik Pemerintahan

FPI Datangi Bawaslu Jember, Ada Apa?

Ketua Bawaslu Jember Tobroni Pusaka

Jember (beritajatim.com) – Puluhan orang anggota Front Pembela Islam mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (30/4/2019). Mereka mendampingi Hasbullah Huda, panitia istigosah di alun-alun Kecamatan Jenggawah.

Rombongan aktivis FPI itu hanya bergerombol di luar kantor Bawaslu dengan tertib. Hasbullah dimintai klarifikasi oleh Bawaslu Jember terkait dugaan kampanye yang dilakukan salah satu kepala desa Kecamatan Tempurejo, sehari sebelum masa tenang pemilu pertengahan April. “Tadi kami juga panggil kepala desa bersangkutan, tapi tidak hadir,” kata Ketua Bawaslu Jember Tobroni Pusaka.

Bawaslu Jember memberikan 15 pertanyaan kepada Hasbullah. Pemeriksaan berlangsung sekitar 20 menit oleh Tobroni dan Andika Firmansyah. “Yang ditanyakan masalah keterkaitan panitia dengan acara yang diduga ada kampanye kepala desa. Apakah dalam istigosah itu memang ada kampanye,” kata Tobroni.

“Ternyata, tidak ada kampanye. Tapi memang ada pernyataan spontan kepala desa yang mendukung salah satu pasangan calon presiden,” kata Tobroni.

Bawaslu masih punya waktu tujuh hari kerja lagi untuk mengkaji kasus ini. “Kami masih mengumpulkan bukti-bukti untuk dikaji. Soal pelanggaran pasal apa, masih harus dikaji,” kata Tobroni. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar