Politik Pemerintahan

Formasi CPNS Sumenep 2019, Penempatan Terbanyak di Kepulauan

Sekretaris Daerah Sumenep,.Edy Rasiyadi

Sumenep (beritajatim.com) – Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 untuk Kabupaten Sumenep sebagian besar akan ditempatkan di wilayah kepulauan.

“Dari 310 formasi, khusus untuk tenaga kependidikan hasil rekrutmen tahun ini, akan ditempatkan di wilayah kepulauan. Itu sesuai usulan kebutuhan guru,” kata Sekretaris Daerah Sumenep, Edy Rasiyadi, Senin (28/10/2019).

Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan. Dari jumlah itu, sembilan diantaranya merupakan kecamatan kepulauan.

Pada rekrutmen CPNS tahun ini Kabupaten Sumenep mendapat kuota sebanyak 310 orang. Terbanyak adalah formasi tenaga kependidikan. Kuota tersebut lebih rendah dibandingkan pengajuan Pemkab Sumenep yang mencapai sekitar 350 orang.

Dari 310 orang tersebut, rincian formasinya adalah untuk tenaga teknis sebanyak 67 orang, tenaga kesehatan 95 orang, tenaga teknis pertanian 45 orang, dan tenaga pendidikan 103 orang.

“Dalam surat dari Kementerian PAN-RB sudah ada penempatannya. Jadi misalnya formasi guru apa, di sekolah mana, kecamatan mana, semua sudah jelas tercantum. Itu sesuai kebutuhan yang diusulkan masing-masing organisasi perangkat daerah,” papar Edy.

Ia menjelaskan, yang menentukan kuota CPNS di masing-masing daerah adalah Kementerian PAN-RB. Sedangkan daerah hanya sebatas mengusulkan berdasarkan kebutuhan. “Usulan kami ke Kementerian PAN-RB itu karena memang ada kekurangan PNS di posisi tertentu, ditambah prediksi jumlah PNS yang memasuki masa pensiun,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan rekrutmen CPNS tahun ini, akan dilaksanakan akhir Oktober atau awal November. Pelaksanaan rekrutmen tersebut dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Sedangkan Pemerintah Daerah hanya sebagai pelaksana seleksi sesuai aturan yang telah ditetapkan.

“Tes CPNS akan dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Hasil tes secara online itu bisa langsung diketahui setelah tes berakhir,” ujarnya. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar