Politik Pemerintahan

Forkopimda dan Masyarakat Kabupaten Malang Deklarasi Tolak Kerusuhan

Malang (beritajatim.com) – Disela gerak jalan sehat, Minggu (16/4/2019) pukul 07.00 sampai pukul 10.30 Wib di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan semua elemen masyarakat Kabupaten Malang, melakukan ‘Deklarasi Menolak Kerusuhan’ yang diikuiti sedikitnya 3.500 orang.

Acara yang digagas Kepolisian Resor Malang ini, juga menjadi rangkaian memperingati Hari Bhayangkara 2019. Hadir dalam gerak jalan sehat yakni AKBP Yade Setiawan Ujung selaku Kapolres Malang, Plt Bupati Malang HM.Sanusi, Letkol Inf Fery Muzawwad, Dandim 0818 Kabupaten Malang.

Lalu Kajari Kabupaten Malang Abdul Qohar, Dr. Umar Usman selaku Ketua PCNU Kabupaten Malang, M. Wahyudi Ketua Bawaslu Kabupaten Malang. Serta Ketua Pemuda Pancasila Malang, Priyo Bogank Sudibyo, Ketua Senkom Malang, Ketua Anshor Malang, KH. Fadhol Hija selaku Ketua MUI Malang hingga Anggota TNI-Polri, SKPD, masyarakat umum dan pelajar sekolah.

Start Peserta Gerak Jalan Sehat oleh Forkopimda Kabupaten Malang dan mengambil rute Stadion Kanjuruhan – Jalan Desa Tegalsari – Simpang 4 Kedungpedaringan – Stadion Kanjuruhan atau sejduh 2,5 Km. Sedangkan finish  memasuki Lokasi Taman Lalu Lintas di Stadion Kanjuruan. Dilanjutkan senam dayung bersama-sama seluruh Forkopimda Kabupaten Malang dan Peserta Gerak Jalan.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan, gerak jalan sehat hari ini dalam rangka memperingati rangkaian HUT Bhayangkara ke 73 pada tanggal 1 Juli 2019. “Tujuan memperingati hari Bhayangkara dengan tema semangat PROMOTER. Yakni Profesional, Modern dan Terpercaya, sebagai bentuk Polri dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat Bangsa dan Negara,” terang AKBP Ujung.

Menurutnya, dengan acara tersebut, Polres Malang berupaya menciptakan situasi yang aman dan kondusif dengan menggelorakan tolak kerusuhan dengan tagar #menujuindonesiadamai #jogojawatimur #tolakkerusuhan dan #malangcintadamai.

“Alhamdulillah semua tahapan Pemilu 2019 dapat terselenggara dengan lancar dan kondusif berkat kerjasama yang baik dari pihak penyelenggara dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Malang,” ujarnya.

Terkait menunggu putusan Sidang di MK, lanjut Ujung, pihaknya berharap dapat berjalan dengan aman dan kondusif. “Untuk itu kita arahkan dari Kabupaten Malang untuk tetap menjaga kondusifitas dan tidak terprovokasi ajakan-ajakan yang dapat mengganggu kamtibma,” pesan AKBP Ujung.

Usai senam dayung bersama, acara dilanjutkan dengan Deklarasi Menolak Kerusuhan bersama Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Malang. Serta, penandatanganan pada banner Deklarasi Menolak Kerusuhan yang bertuliskan “Kami Forkopimda Kabupaten Malang dengan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Malang sepakat untuk menciptakan situasi yang aman dan damai serta menolak segala bentuk kerusuhan. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar