Politik Pemerintahan

FOPI Bantu Pemprov Jatim Dukung WPS Koridor Surabaya-Malang

Surabaya (beritajatim.com) – Forum Organisasi Profesi (FOPI) akan membuat produk program organisasi yang memilih Jawa Timur dalam melakukan ‘best practice’ para ahli profesional untuk mendukung Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) koridor Surabaya-Malang.

FOPI merupakan organisasi bentukan Kemenristek yang terkonsolidasikan untuk bisa memberi masukan kepada pemerintah. Setidaknya saat ini ada 70 organisasi profesi yang dihimpun di bidang Iptek, di antaranya adalah Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI), Himpunan Perekayasa Indonesia (HIMPERINDO), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) dan Perkumpulan Ahli Sistem Indonesia (PASINDO).

Ketua Umum FOPI, Hermanto Dardak mengungkapkan, bahwa dalam membantu Pemprov Jatim di WPS Koridor Surabaya-Malang seperti halnya Tokyo-Osaka (Jepang), New Delhi-Mumbai (India) dan Iskandar-Johor (Malaysia). “FOPI memilih WPS Surabaya-Malang, sehingga tercipta penandatanganan kerja sama yang konkret dalam membantu Pemprov Jatim,” kata ayah Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak ini.

Kepala Bappeda Provinsi Jatim, Bobby Soemiarsono mengapresiasi atas dipilihnya Jatim oleh FOPI sebagai sarana para profesional yang ada di FOPI untuk mendukung WPS Surabaya-Malang. Sehingga, ada masukan dari para ahli profesi baik dalam perencanaan pembangunan tersebut.

WPS Surabaya-Malang yang diinisasi oleh FOPI dan Pemprov Jatim terdapat sembilan kawasan yang dipilih yaitu, Kaki Suramadu, Puspa Agro, Sun City Park, Taman Candra Wilwatikta, KEK Singosari, Taman Dayu, Bromo-Tengger-Semeru, Kebun Raya Purwodadi dan Kawasan Wisata Batu. Kawasan-kawasan tersebut akan dibantu dalam pengembangan fisik dan non fisik di koridor Surabaya-Malang, sehingga menciptakan lapangan kerja serta pertumbuhan ekonomi. [tok/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar