Politik Pemerintahan

Fandi Utomo: Kebebasan Pers Adalah Suara Kebenaran

Fandi Utomo (tengah) saat berdialog dengan masyarakat

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam rangka perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Caleg DPR RI asal PKB untuk Dapil Jatim 1 Surabaya-Sidoarjo dengan nomor urut 3 Ir. Fandi Utomo berpendapat jika kebebasan pers adalah suara kebenaran.

“Apabila bukan suara kebenaran, maka itu bukan kebebasan. Bisa karena pers ini ditekan, atau karena mereka punya kepentingan,” kata Fandi Utomo, Sabtu (9/2/2019).

Terlebih lagi di era pasca kebenaran saat ini, menurut pria yang akrab disapa FU itu, pers memegang peranan penting untuk bisa menangkal penyebaran hoax yang semakin menjadi. “Di era sekarang (post truth) ini kan, semua orang bisa menjadi sumber dan penulis berita,” ujarnya.

“Untuk itu, media mainstream harus bisa benar-benar menjunjung tinggi asas kebabasan pers itu sendiri. Karena mereka ini adalah sumber konfirmasi bagi masyarakat ketika ada informasi yang diragukan kebenarannya,” tambah Fandi Utomo.

Peran pers, ujar pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini, sangat vital dalam kehidupan bernegara.”Pers ini adalah salah satu pilar negara. Fungsi mereka sangat kuat dan vital. Tidak bisa diremehkan,” tegasnya.

“Para insan pers harus bisa membuktikan bahwa pers adalah pemberi harapan untuk perkembangan bangsa dan negara ini. Pers harus bisa semakin kuat dalam mencari kebenaran di era post truth ini. Pers harus terus meneguhkan jati dirinya sebagai sumber informasi yang akurat bagi masyarakat dan tetap melakukan kontrol sosial melalui kritik konstruktif,” pungkas Fandi Utomo. [ifw/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar