Politik Pemerintahan

Fandi Utomo: Jokowi Komprehensif, KH Ma’ruf Amin Luar Biasa

Fandi Utomo

Surabaya (beritajatim.com) – Caleg DPR RI asal PKB untuk Dapil 1 Surabaya-Sidoarjo dengan nomor urut 3 Ir. Fandi Utomo menjadi salah satu undangan pada acara Debat Capres 2019 yang diselenggarakan KPU RI, Kamis (17/1/2019).

Pada kesempatan ini Fandi Utomo memberikan apresiasi gagasan yang dilontarkan oleh pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin. Menurut pasangan itu, pemenuhan hak-hak dasar masyarakat secara hukum dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

“Gagasan yang diungkapkan Jokowi keren, komprehensif, optimis, serta mencakup semua topik yang diminta. Semua yang dikatakan didasarkan pada pencapaian pemerintah saat ini dengan komitmen yang kuat terhadap HAM, demokrasi, dan hak dasar lainnya seperti ekonomi, sosial dan budaya,” ujar pria yang akrab disapa FU ini.

Lebih lanjut, mantan dosen ITS Surabaya itu turut mengapresiasi pernyataan yang dilontarkan KH. Ma’ruf Amin terkait upaya deradikalisasi bagi para teroris dan jaringannya. “Kiai Ma’ruf luar biasa, arruju’ ilal haq bagi mereka yang khilaf dan terpapar terorisme,” paparnya.

“Pemahaman Kiai Ma’ruf terhadap penanganan terorisme dan sebabnya menggambarkan pemahaman beliau yang luar biasa. Jika terpapar terorisme oleh akibat kesesatan ajaran, dilakukan pendekatan arruju’ ilal Haq bagi mereka yangg khilaf dan terpapar terorisme. Pemenuhan kebutuhan ekonomi, pendidikan dan hak-hak dasar lainnya, termasuk keadilan dan HAM, jika sebabnya di luar kesesatan ajaran. Ini sekaligus menunjukkan kemampuan Kiai Ma’ruf melakukan konflik resolusi terhadap konflik potensi konflik di tanah air,” lanjut Fandi Utomo.

Di sisi lain, mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini menganggap pernyataan Paslon dengan nomor urut 2 Prabowo-Sandiaga Uno masih kurang tepat sasaran.

“Pak Prabowo praktis tidak menyinggung soal pemenuhan HAM dan demokrasi, lebih memberikan penekanan kepada penegakan hukum dengan meningkatkan salary petugas. Itu bukan satu-satunya. Di negara dengan pendapatan yang tinggi juga masih terdapat penyimpangan,” tegas Fandi Utomo.

Untuk diketahui, debat pertama pasangan Calon Presiden (Capres) 2019 antara Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dilaksanakan Kamis (17/1/2019) di Hotel Bidakara, Jakarta. Acara ini berlangsung sejak pukul 19.00 WIB. [ifw/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar