Politik Pemerintahan

Fadel Muhammad Berharap DPD Punya Peran Seimbang dengan DPR

Malang (beritajatim.com) – Anggota DPD terpilih Fadel Muhammad menginginkan peran DPD harus diperkuat agar bisa seimbang dengan DPR RI. Fadel telah berdiskusi tentang peran DPD bersama akademisi dan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB).

Menurut, Guru besar FIA UB ini penguatan DPD harus dilakukan tanpa mengubah undang-undang. Sehingga untuk sejajar dengan DPR RI perlu penguatan fungsi lembaga.

Fadel pun memiliki ide smart decentralization untuk memperkuat peran DPD. Menurutnya, DPD sangat berperan besar untuk kepentingan daerah. Namun justru perannya tak terlihat. Bahkan, masyarakat banyak yang tidak mengetahui peran DPD.

“Hasil penelitian Charta Politika, persepsi publik terhadap kinerja DPD dari 800 responden yang tersebar di 8 kota, hanya 37.5 persen masyarakat percaya DPD. Sebanyak 40.5 persen lainnya mengaku tidak percaya, dan 22 persen tidak menjawab atau tidak tahu,” kata Fadel, Rabu (10/7/2019).

“Kemudian 11.3 persen mengatakan DPD telah menjalankan fungsinya. 41.1 persen responden tahu apa fungsi lembaga legislatif di Indonesia, termasuk DPD,” imbuh Fadel.

Fadel juga menyebut, hasil penelitian Ombudsman RI, tingkat kepatuhan dalam pelaksanaan UU No 25 Tahun 2019 tentang Pelayanan Publik. Untuk pemerintah daerah memiliki tingkat kepatuhan rendah sebanyak 65.75 persen. Dia berharap DPD dan DPR RI bersinergi.

“DPD sudah diatur oleh regulasi. Dalam sistem pemerintahan dikenal sebagai dua kamar. Saya ingin bicara, bagaimana penguatan kelembagaan ke depan. Sinergi DPD dengan DPR RI,” ujar Fadel.

Fadel berharap kedepan DPD kedepan dapat mengakomodir kepentingan daerah. Sehingga ada hubungan kerja dengan kepala daerah. Menurutnya, sinergitas antara kepala daerah dengan DPD tak kalah penting sebab harapannya daerah merasa memiliki wakil di pusat.

“Dalam konsep smart decentralization. Pertama penguatan kelembagaan DPD, kedua hubungan DPD dengan DPR tanpa mengubah UU, ketiga adalah hubungan DPD dengan pemerintah daerah, saya berharap akademisi UB ikut memberikan sumbangsih pemikiran nanti akan kita bukukan,” tandas Fadel. [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar