Politik Pemerintahan

Enam CJH Embarkasi Surabaya Kembali Gagal Berangkat Haji Tahun Ini

Surabaya (beritajatim.com) – Enam Calon Jemaah Haji (CJH) Embarkasi Surabaya terpaksa tak bisa berangkat haji 2019 ini karena mengalami sakit dimensia dan hamil muda. Hal itu seperti diungkapkan dr Acub Zaenal, Wakil Kepala Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi Surabaya. “Dimensia itu pikun, dalam istilah orang Jawa bilang,” katanya, Senin (22/7/2019).

Tak hanya pikun atau lupa siapa dirinya, lanjutnya, kondisi dimensia para calon haji juga ada yang mengamuk, marah, dan bahkan bertingkah seperti anak kecil. Bahkan, ada yang lebih banyak duduk di lantai tanpa mau mengenakan baju. Saat dirayu agar bertindak normal atau memakai pakaian, mereka justru marah. “Yang dimensia ada empat dan semuanya dipulangkan sampai bisa sembuh. Kemungkinan akan diberangkatkan tahun depan jika sembuh,” tandasnya.

Selain dimensia, dua dari empat diantaranya, karena mengandung atau hamil muda sehingga, hingga kini tercatat total tiga orang calon jemaah haji yang sudah dipulangkan. Hanya saja, satu diantaranya telah memenuhi syarat penerbangan sehingga namun di akhir kloter nanti. “Jadi dua calon haji hamil gagal berangkat tahun ini. Satu lagi calon haji yang hamil, bisa berangkat tapi ikut kloter akhir,” tandasnya.

Sementara itu, tandasnya lagi, data enam calon haji yang gagal berangkat ini merupakan data akumulasi kloter satu hingga kloter 45. (man/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar