Politik Pemerintahan

Emil Dardak Posting IG, Warganet Hingga Pengamat Komentari Postingannya

Surabaya (beritajatim.com) – “A Ship is safe in harbor, but that is not what a ship was built for” Emil Dardak Wagub Jawa Timur, memposting quote William H Shedd menjelang pemilu dan pilpres. Jika diterjemahkan, quote tersebut memiliki makna “Kapal akan aman jika ada di pelabuhan, tetapi itu bukanlah tujuan dari diciptakannya kapal”.

Quote tersebut langsung direaksi oleh warganet, mayoritas menyimpulkan secara implisit bahwa inilah caranya wagub Jatim mendukung kebijakan petahana secara elegan.

Hari Fitrianto, pengamat politik dari FISIP Unair Surabaya menilai bahwa kepimpinan Jokowi selama 4.5 tahun banyak kebijakannya cenderung menimbulkan pro kontra. Seperti membawa gagasan kartu ke level nasional setelah dari Gunernur bahkan kebijakan populis bisa dipersepsikan kurang populis seperti pengambilalihan saham freeport oleh inalum, kata pengajar Ilmu Politik Fisip Unair ini.

Hari melihat kepemimpinan Jokowi akan dirasakan manfaatnya oleh kepala daerah dan wakil kepala daerah yang benar-benar mengabdi untuk masyarakat. Emil Dardak misalnya, langsung menggebrak dengan mengusulkan bandara di wilayah Selatan Jatim dan Jokowi langsung merespon sebagai kepala negara menurut Hari.

Masih menurut Hari Fitrianto, gaya kepemimpinan seperti ini, yang out of the box dalam ruang kenegaraan kita masih cenderung limited edition baik tingkat II sampai Nasional.

Quote Emil Dardak yang mensitir dari William H Shedd sepertinya merupakan perjalanan kenegarawanan Emil Dardak dan cerminan pemimpin bagaimana seharusnya, bahwa setiap pemimpin mau tidak mau harus mengarungi lautan dinamika persoalan tentang kebijakan, tidak bisa hanya diam duduk dan berlabuh, tutup Hari Fitrianto. (kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar