Politik Pemerintahan

Minggu Ini Disidangkan, Dugaan Manipulasi Data Caleg NasDem

Bojonegoro (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro menyatakan, berkas investigasi terkait temuan dugaan manipulasi data administrasi Caleg Partai NasDem, Dwi Priyo Raharjo yang dilakukan sudah lengkap. Berkas tersebut yang akan dipelajari oleh Bawaslu Jawa Timur (Jatim) untuk disidangkan.

“Berkas dan pemeriksaan saksi sudah lengkap. Namun Bawaslu Bojonegoro tidak boleh menyidangkan temuannya sendiri, sehingga putusannya akan dilakukan Bawaslu Jatim,” ujar Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Bojonegoro, Dian Widodo, Selasa (21/5/2019).

Agenda putusan yang akan dilakukan Bawaslu Jatim rencananya dilakukan minggu ini. Bawaslu Bojonegoro sebelumnya mengaku sudah memeriksa empat orang sebagai saksi. Diantaranya, Bambang Laras Muji Satoto sebagai pelapor, Komisioner KPU Bojonegoro Fatkur Rohman, Ketua DPD NasDem Alham M Ubay dan terlapor Dwi Priyo Raharjo.

Diketahui sebelumnya, temuan tersebut merupakan laporan dari Ketua LSM Mliwis Putih, Bambang Laras Muji Satoto. Laporannya, diduga Caleg dari Partai NasDem melakukan manipulasi data dengan tidak dicantumkannya data mantan narapidana dalam form pendaftaran yang diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam laporannya, Bimbim sapaan akrab Bambang Laras Muji Satoto mengatakan, terlapor pernah dipidana, sebagaimana pada Pasal 170 KUHP di wilayah hukum Kabupaten Tuban. “Terlapor tidak menyertakan dalam persyaratan pendaftaran sebagai caleg,” ungkapnya. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar