Politik Pemerintahan

Relawan Pendukung Jokowi-Ma'ruf

Dua Acara KAPT Jatim Sukses Getarkan Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Pada Sabtu (23/3/2019) kemarin, Surabaya digetarkan dua acara yang dipandegani oleh Komunitas Alumni Perguruan Perguruan Tinggi (KAPT) Pusat dan KAPT Jawa Timur.

“Acara pertama yang berjalan sukses dari pukul 10.00 sampai dengan 16.00 sore, adalah Seminar Revolusi Industri 4.0 Indonesia dengan tema ‘Meningkatkan Daya Saing, Menjadi Bangsa Pemenang’. Acara kedua juga berlangsung meriah sejak pukul 17.00 sampai dengan 23.00 malam, bertajuk ‘Tunjungan Colorful Festival atau Pasar Rakyat Jokowi’,” kata Ketua KAPT Jatim, Ermawan Wibisono melalui rilisnya kepada beritajatim.com, Minggu (24/3/2019).

Aplikasi, strategi, dan adopsi Industri 4.0 dalam berbagai sektor dan dimensi pembangunan disampaikan oleh enam panelis dalam dua sesi, yaitu Andi Irawan, Ph.D (pembangunan infrastruktur dan ekonomi regional), Ir. Elia Massa Manik (energi), Ir. Irnanda Laksanawan, M.Eng, Ph.D (manufaktur), Dr. Tri Chandra Aprianto (pembangunan desa), Ir. Benny Lianto, MMBAT (SDM dan inklusifitas), dan Dr. Yeyes Mulyadi (UKM industri maritim).

Selain para panelis, Walikota Surabaya, Dr. (H.C.) Ir. Tri Risma Maharani, M.T., juga hadir dan memberikan paparan kunci dengan topik ‘Membangun Kota Pintar dan Humanis, serta Menciptakan Pertumbuhan Berkualitas’. Sekitar 300 peserta seminar, dari kalangan universitas, BUMN/BUMD, birokrasi pemerintahan, organisasi/asosiasi profesi, swasta, dan umum, sangat antusias terlibat dalam sesi diskusi dan berjejaring saat rehat kopi dan jeda makan siang.

“Untuk Tunjungan Colorful Festival (TCF) atau Pasar Rakyat Jokowi dihadiri sekitar 25.000 pengunjung yang memancarkan keceriaan dan semangat optimisme untuk tetap mencintai negerinya dan menjaga kotanya. Semalam, Tunjungan sangat kental dengan atmosfer tekad warga Surabaya untuk tidak pernah lelah melakukan dan mengabarkan kebaikan dengan cara yang baik,” tuturnya.

Menurut dia, partisipasi 100 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), 28 komunitas termasuk berbagai kelompok bikers dan bike custom garage dan artis-seniman Surabaya, di antaranya Roy Boomerang, Djadi Galajapo dan alumnus ludruk kampus ITS Tjap Toegoe Pahlawan, cak Dargombes turut menyemarakkan acara.

Tampak hadir beberapa figur publik, di antaranya Emil Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur) dan Hayono Isman (mantan Menteri Pemuda dan Olahraga).

Selain para tenant terdaftar, panitia tidak melarang datangnya para pedagang asongan kecil seperti ibu-ibu penjual sayur semanggi dan jamu gendongan yang ikut mengais rezeki dalam pesta rakyat ini.

“Sejak awal, panitia merancang acara TCF sebagai sebuah pesta untuk rakyat, khususnya warga Surabaya. Sebuah acara yang membawa keceriaan, membagi kebahagian, dan meningkatkan solidaritas. Kerja keras panitia berhasil merefleksikan karakter kepemimpinan Jokowi yang mencintai dan berorientasi pada rakyat. Tidak berlebihan jika acara ini lantas juga dinamakan Pasar Rakyat Jokowi,” tegasnya.

Pesta rakyat ini meniupkan dan menegaskan kembali napas dan karakter Jalan Tunjungan Surabaya, jalan bersejarah Kota Surabaya sepanjang sekitar 1.000 meter dari belokan Siola sampai dengan Hotel Majapahit.

“Pesta Rakyat Jokowi meneruskan api semangat kepahlawanan dan kewargaan sipil dalam dimensi geliat ekonomi, kreasi, dan solidaritas. Persis seperti Jalan Tunjungan itu sendiri salah satu area perjuangan di zaman revolusi kemerdekaan (10 Nopember 1945) dan ikon denyut bisnis inovasi pelayanan publik di zaman modern, di era Revolusi Industri 4.0,” pungkasnya. [tok/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar