Politik Pemerintahan

Demi Meningkatkan PAD

DPRD Pamekasan Usulkan SGRP Dikelola Pihak Ketiga

Pamekasan (beritajatim.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, mengusulkan pengelolaan Stadion Gelora Ratu Pamelingan (SGRP) Pamekasan, agar diserahkan ke pihak ketiga.

Hal itu diusulkan sebagai upaya memaksimal Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Bumi Gerbang Salam. Sebab selama ini biaya perawatan stadion yang terletak di Desa Ceguk, Tlanakan, terbilang cukup tinggi dan cenderung menambah beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Jika pemkab mengelola sendiri, tentunya hanya akan menambah beban terhadap APBD kita. Mengingat biaya perawatan yang harus dikeluarkan setiap tahun tidak sedikit,” kata Wakil Ketua DPRD Pamekasan, HM Suli Faris, Senin (25/3/2019).

Tidak kalah penting, dengan melibatkan pihak ketiga dalam pengelolaan stadion yang berganti nama menjadi Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP) Pamekasan, bisa meringankan beban APBD. “Tentunya dengan melibatkan pihak ketiga, efisiensi anggaran bisa terealisasi,” ungkapnya.

“Dalam artian pihak ketiga memiliki tanggungjawab untuk kerawat keberadaan stadion, sementara Pemkab (Pamekasan) bisa menunggu setoran PAD setiap tahunnya. Tapi yang pasti kontrak kerjasamanya harus jelas dari awal,” jelasnya.

Memang selama ini keberadaan SGRP Pamekasan, menjadi perhatian sejumlah pihak khususnya seputar pengelolaan. Apalagi Stadion tersebut, juga beberapa kali dijadikan sebagai arena laga bertaraf nasional oleh dua tim berbeda yang berkompetisi di kompetisi sepakbola tanah air, Madura United FC di Liga 1 dan Persepam di Liga 2.

Dalam beberapa tahun terakhir, manajemen Madura United FC juga ikut serta memberikan dukungan secara langsung dengan memperbaiki sejumlah fasilitas demi menunjang status SGRP Pamekasan sebagai salah satu bertaraf nasional.

Bahkan tim berjuluk Laskar Sape Kerrab yang berkompetisi di kasta tertinggi sepakbola tanah air, Liga 1. Juga menjadikan SGRP sebagai kandang mereka, selain Stadion Gelora Bangkalan (SGB) milik Pemkab Bangkalan. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar