Politik Pemerintahan

DLH Pamekasan Gagas ‘Aksi Simpatik’ di Hari Bersih Nasional

Pamekasan (beritajatim.com) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan, berencana menggandeng sejumlah komunitas lingkungan dalam rangka menyambut Hari Bersih-Bersih Nasional yang dijadwalkan digelar Sabtu (21/9/2019).

“Dalam memperingati momentum hari bersih-bersih nasional, kami bakal menyemarakkan melalui kegiatan dengan tema Simpatik, yakni berupa aksi Bersih-Bersih Sampah Plastik,” kata Kepala DLH Pamekasan, Amin Jabir, Sabtu (14/9/2019).

Bersamaan dengan momentum tersebut, pihaknya bakal menggandeng sejumlah komunitas untuk mensukseskan pelaksanaan tersebut. “Bersamaan dengan momentum ini, kami akan menggandeng kelompok peduli mangrove Madura, serta komunitas lingkungan lain,” ungkapnya.

“Selain kegiatan bersih-bersih sampah plastik yang akan kita pusatkan di sejumlah pantai di Pamekasan, nantinya juga akan kita lakukan aksi tanam 100 bibit pohon mangrove di sejumlah titik yang sudah kita canangkan,” sambung pria yang akrab disapa Jabir ini.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga dijadwalkan akan dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Pamekasan Badrut Tamam, beserta jajaran instansi terkait. Termasuk ribuan peserta dari berbagai komunitas.

Sementara lokasi program Simpatik, nantinya akan ditempatkan di tiga titik berbeda di pesisir pantai Bumi Gerbang Salam. Di antaranya pesisir Pantai Bandaran, pantai Branta Pesisir, dan pantai Branta Tinggi, Kecamatan Tlanakan.

Selain program Simpatik, nantinya juga akan dilaksanakan penanaman mangrove secara simbolis dan akan diserahkan dari salah satu komunitas perguruan tinggi di Pamekasan. “Tetapi proses penanaman akan dilaksanakan pada 2020 nanti, karena menunggu cuaca yang bagus untuk melakukan penanaman. Semisal bulan Januari atau Februari 2020 mendatang,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar