Politik Pemerintahan

DLH Jombang Ambil Sampel Sungai Berbusa

Jombang (beritajatim.com) – Tim dari DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Jombang mendatangi sungai berbusa di Desa Jatipelem, Kecamatan Diwek, Selasa (8/1/2019). Dalam kesempatan itu, tim juga mengambil sampel air guna mengetahui kandungan air tersebut.

Sampel tersebut bukan hanya diambil satu titik. Namun beberapa titik. “Sampel air ini akan kita uji di laboratorium untuk mengetahui kandungannya. Hasilnya satu minggu lagi,” kata Kasi Pengendalian Dampak Lingkungan DLH Jombang Yuli Inayati.

Yuli mengatakan, selain mengambil sampel pihaknya juga mengumpulkan keterangan dari warga sekitar. Dugaan sementara, lanjut Yuli, busa tersebut adalah limbah deterjen. Namun demikian, DLH belum berani memastikan dari mana limbah tersebut berasal. “Bisa dari limbah rumah tangga, bisa juga limbah dari industri. Kita belum berani memastikan. Namun demikian, air sungai masih dalam kondisi aman,” katanya menambahkan.

Hingga pagi ini busa yang sebelumnya menggunung mulai terkikis. Air sungai sudah mengalir lancar. Padahal, sebelumnya busa tersebut panjangnya 100 hingga 200 meter dan tingginya 4 meter. [suf/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar