Politik Pemerintahan

Honor Petugas Pelaksana Pemilu

DKPP: Penghargaan Negara Kurang Memadai

Jember (beritajatim.com) – Honor pelaksana pemilu tingkat bawah masih kurang jika dibandingkan dengan beban kerja mereka.

Hal ini disampaikan anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad, di sela-sela kunjungan ke kantor Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Senin (22/4/2019).

Muhammad berduka dengan banyaknya penyelenggara pemilu tingkat bawah yang sakit dan bahkan meninggal dunia. “Kami berduka (untuk) teman-teman yang sudah menjadi pahlawan, terutama teman-teman (penyelenggara pemilu) tingkat kecamatan ke bawah. Memang tugasnya luar biasa, sementara penghargaan negara kurang memadai,” katanya.

“Honornya tadi saya tanya langsung ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Kaliwates. Menurut saya tidak layak. Ini harus dievaluasi, supaya negara lebih peduli terhadap kesejahteraan teman-teman,” kata Muhammad.

Sementara itu Nur Elya Anggraini, komisioner Bawaslu Jatim mengatakan, ada jajaran pengawas pemilu yang mengalami sakitt, kecelakaan ataupun penganiayaan dalam tugas.

“Data yang sementara masuk ada 16 orang. Delapan orang di antaranya mengalami kecelakaan dan satu orang mengalami penganiayaan,” kata Elya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar