Politik Pemerintahan

Diskop-UMKM Siapkan Rp 2 M Tekan Angka Pengangguran di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop-UMKM) Pamekasan, terus berupaya meningkatkan pembinaan semua sektor UMKM demi menekan angka pengangguran di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Bahkan untuk mendukung program tersebut, pemerintah setempat juga menganggarkan dengan anggaran sebesar Rp 2 Miliar. Jumlah tersebut nantinya bakal disalurkan bagi desa-desa yang memiliki potensi dari sektor UMKM.

“Kedepan kami ingin memfasilitasi semua potensi di sektor UMKM di semua desa, sehingga nantinya bisa menjadi roda penggerak perekonomian di Pamekasan,” kata Kepala Diskop-UMKM Pamekasan, Jhon Yulianto, Kamis (7/2/2019).

Hanya saja jumlah anggaran tersebut tidak berbentuk uang tunai, melainkan berupa program meliputi barang atau mesin. “Hal ini merupakan upaya agar semua UMKM bisa mandiri dan bisa menonjolkan berbagai produk terbaik masing-masing desa,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga secara berkesinambungan melakukan upaya pembinaan melalui program pendampingan terhadap semua UMKM. “Saat ini di setiap kecamatan sudah ada petugas pendamping,” jelasnya.

“Terlebih para petugas pendamping di setiap desa, juga bertugas melegalkan sekaligus mendesain bentuk produk UMKM agar lebih heginis. Termasuk rasa dan pemasarannya juga lebih baik,” imbuhnya.

Dari itu pihaknya berharap upaya dan gagasan tersebut kedepan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, sekaligus mengurangi dan menekan angka pengangguran. “Tentu kita berharap program ini bisa menekan dan mengurangi angka pengangguran di Pamekasan,” harapnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar