Politik Pemerintahan

Diskominfo Sidoarjo Gelar Pembinaan KIM

Sidoarjo (beritajatim.com) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sidoarjo menggelar Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Se-Kabupaten Sidoarjo di Ruang Delta Karya Setda Kabupaten Sidoarjo (26/6/2019).

Sebanyak 50 peserta dari unsur Ketua dan kader infomasi masyarakat se-Kab Sidoarjo, dan perwakilan KIM yang sudah terbentuk hadir pada sosialisasi ini.

Diskominfo Sidoarjo menghadirkan 3 pemateri dari Diskominfo Sidoarjo, yakni  Kasi Pengembangan Aplikasi dan Informatika Farida Puspitasari, Kasi Media Dan Kemitraan Komunikasi Publik Diskominfo Kusdianto, dan Ketua KIM Melati Buduran Sidoarjo Rozi.

Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) bertema “Optimalisasi peran serta Kelompok Informasi Masyarakat sebagai Produsen Informasi di Era Revolusi Industri 4.0” ini dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo Drs Y. Siswojo.

“Mari kita tingkatkan jalur komunikasi informasi dengan basis IT. Apa saja potensi yang ada di desa masing-masing untuk dapat di ekspose ke dunia melalui jaring Sosial Media, seperti youtube, Instagram maupun Facebook,” kata Kadin Kominfo Sidoarjo Y. Siswojo.

Dia menambahkan, Pemkab Sidoarjo berkomitmen untuk ikut membangun dan mempertahankan kearifan lokal, baik seni maupun budaya dan menfasilitasi jaringan internet hingga pelosok desa.

Harapannya agar masyarakat bisa mengakses informasi dengan mudah untuk mengeksplore potensi desanya yang bisa menghasilkan pemberdayaan ekonomi masyarakat lebih baik.

“Mari Generasi Muda sebagai kaum millennial untuk bersinergi dalam menyebarkan infomasi di sosmed secara kreatif dan dapat dipertanggung jawabkan sebagai citizen journalist di desa,” harapnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Sidoarjo Evi Rupitasari menjelaskan bahwa pemerintah pusat mengamanatkan di setiap Kecamatan, Kota dan Kabupaten.

Perlu dibentuk KIM agar berfungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi antar anggota KIM dengan pemerintah atau sebaliknya dan sebagai mitra dialog pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik.

“Semoga setelah acara ini peserta termotivasi untuk membentuk KIM yang bermanfaat sebagai wadah di era saat ini untuk menemukan masalah dan mendiskusikan bersama,” pintanya.

Dikesempatan yang sama Kasi Pengembangan Informatika Farida Puspitasari memaparkan mengenai Komunitas IT di Kabupaten Sidoarjo serta pengembangan aplikasi “Rumah Sidoarjo”.

Segala kebutuhan pelayanan masyarakat Sidoarjo dapat diakses dan Dasboard Warehouse. Selain itu Kusdianto selaku Kasie. Media dan Kemitraan menjelaskan bagaimana cara-cara untuk menangkal berita hoax di sosmed.

Terakhir, Rozi selaku Ketua KIM “Melati” Buduran menjelaskan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan revitalisasi dan reaktualisasi yang disesuaikan dengan paradigma pembangunan dan pemerintah dewasa ini, dengan mengedepankan prinsip demokrasi dan good governance.

“KIM berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat selain itu menjembatani antara masyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi dan penyerapan serta penyerapan aspirasi,” jelas Fauzi. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar