Politik Pemerintahan

Diskominfo Pamekasan Dukung Program Desa Tematik Melalui Internet Desa

Pamekasan (beritajatim.com) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pamekasan, mendukung program desa tematik yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melalui gagasan internet desa.

Hal itu disampaikan Kepala Diskominfo Pamekasan, M Bahrun saat mensosialisasikan internet desa bagi para kepala desa (kades) yang digelar di Pendopo Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Senin (22/7/2019).

“Sosialisasi ini sebagai upaya agar potensi di masing-masing desa bisa diperkenalkan kepada masyarakat luas melalui jaringan internet, salah satunya dengan program masuknya jaringan internat ke desa-desa,” kata Kepala Diskominfo Pamekasan, M Bahrun.

Gagasan tersebut dimaksudkan demi menunjang sektor ekonomi desa, sehingga nantinya masyarakat bisa memasarkan maupun menjual berbagai potensi desa melalui jaringan internet. “Saat ini tercatat ada sebanyak 113 dari total 178 desa yang akan menjadi sasaran program internet desa pada tahun ini,” ungkapnya.

“Bahkan kami juga sudah melakukan koordinasi bersama PT Telkom terkait rencana ini, termasuk seputar perangkat hingga persiapan merealisasikan program internet desa. Tentunya masing-masing desa harus memiliki website desa sebagai media promosi sesuai dengan program unggulan yang dicanangkan,” jelas pria yang akrab disapa Pak Bahrun.

Tidak hanya itu, gagasan tersebut juga selaras dengan program Desa Tematik yang dicanangkan pemkab Pamekasan pada 2020 mendatang. “Pak Bupati (Badrut Tamam) sudah menyampaikan tentang program desa tematik, dari itu program internet desa untuk mendukung program desa tematik yang dicanangkan pemerintah kabupaten,” tegasnya.

“Melalui program ini, website di masing-masing desa nantinya akan menjadi sub domain dari domain utama Pemkab Pamekasan. Sehingga dengan cara ini, sebaran informasi tentang berbagai potensi desa yang ada di Pamekasan bisa tersebar luas melalui jaringan internet,” pungkasnya. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar