Politik Pemerintahan

Disaksikan Bawaslu, KPU Sumenep Buka Kotak Suara Pemilu 2019

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep membuka kotak suara Pemilu 2019. Pembongkaran kotak suara tersebut disaksikan langsung Bawaslu Kabupaten setempat.

“Kotak suara ini dibuka untuk menindaklanjuti surat edaran KPU RI tentang pemutakhiran data pemilih berkelanjutan pasca pemilu. Data yang dibutuhkan ada di dalam kotak suara,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Selasa (2/7/2019).

Ia menjelaskan, yang dibutuhkan untuk pemutakhiran berkelanjutan itu adalah dokumen Daftar Pemilih Khusus (DPK), atau pemilih yang menggunakan KTP saat menyalurkan hak suaranya di TPS.

“Kalau di luar DPK, berarti masuk ke DPT. Nanti pasti juga ada mekanisme untuk pemutakhiran pemilih di DPT. Apalagi untuk Sumenep tahun 2020 ada pelaksanaan Pilkada ” ujarnya.

Ia menambahkan, kotak suara yang dibuka adalah kotak suara di PPK. KPU menjadwalkan, pembongkaran kotak suara itu selesai sebelum dua minggu.

“Semua kotak per kecamatan akan dibuka, termasuk kepulauan. Kami diberi waktu 1-2 minggu untuk mengirimkan data pemilih di DPK untuk di entry di KPU Ri,” terangnya. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar