Politik Pemerintahan

Dirsamapta Polda Jatim Pantau Langsung Pilkades Lanjutan Juruan Laok Sumenep

Dirsamapta Polda Jatim, Kombes Pol Sugeng Ingat Rikolo

Sumenep (beritajatim.com) – Dirsamapta Polda Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Sugeng Ingat Rikolo memantau langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) lanjutan di Desa Juruan Laok, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Kamis (14/11/2019).

“Saya hadir kesini untuk memotivasi anggota, sekaligus asistensi, karena di wilayah Polres Sumenep hari ini digelar Pilkades serentak tahap dua, yakni di Desa Juruan Laok, dan di wilayah kepulauan,” katanya.

Ia mengaku telah memberikan arahan-arahan untuk meningkatkan kesiapan pengamanan Pilkades, terutama Pilkades Lanjutan Desa Juruan Laok.

“Semalam waktu saya baru datang, saya sudah tanyakan, apa kendala-kendalanya, lalu kita pecahkan bersama supaya Pilkades ini berjalan dengan lancar,” ucap Sugeng.

Pilkades Juruan Laok hari ini merupakan Pilkades lanjutan, setelah pada Pilkades sebelumnya pada Kamis (07/11/2019) terpaksa dihentikan karena terjadi kericuhan. Saat itu muncul ratusan massa dari calon kepala desa yang tidak lolos seleksi. Mereka merasa tidak puas dan mengamuk.

Massa merusak kotak suara dan merobek surat suara. Massa juga merobohkan terop dan merusak kursi di lokasi Pilkades. Massa semakin tidak terkendali. Batu mulai dilempar ke arena Pilkades. Akibatnya warga yang akan melakukan pencoblosan pun panik dan berteriak ketakutan. Pelaksanaan Pilkades pun terpaksa dihentikan.

Dalam kasus tersebut, polisi telah menangkap empat tersangka pelaku kericuhan yang merusak kotak suara dan properti Pilkades lainnya. Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya bukti rekaman video, potongan kursi plastik, kursi kayu, sobekan kertas suara, kemudian kotak suara dan bilik suara yang rusak.

“Untuk pengamanan Pilkades ini, yang utama pengamanan terbuka. Kami juga dibantu TNI, Satpol PP, dan Linmas. Kami juga siagakan Brimob di lokasi,” terang Sugeng. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar