Politik Pemerintahan

Dinsos Kabupaten Kediri Verifikasi Data Calon Penerima Bantuan KUBE

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas  Sosial setempat melakukan verifikasi data calon penerima bantuan Kelompok Usaha Bersama atau KUBE tahun 2019. Pada tahun ini, bantuan bakan diwujudkan dalam bentuk peralatan usaha, sebagai tindak lanjut kegiatan di tahun sebelumnya.

Tahun ini ada lima desa dari tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Kediri yang bakal menerima bantuan program KUBE. Kelima desa tersebut antara lain, Desa Ngablak di Kecamatan Banyakan, Desa Tarokan dan Jati di Kecamatan Tarokan, serta Desa Bulu dan Desa Titik di Kecamatan Semen.

Pendataan dan verifikasi data dilakukan petugas pada tiap tiap desa calon penerima. Seperti di Desa Ngablak, Kecamatan Banyakan, pendataan terhadap 30 orang calon penerima. Kegiatan berlangsung di Kantor Desa setempat.

Dalam pendataan sekaligus verifikasi ini, petugas membagikan formulir pendataan kepada calon penerima, untuk diisi sesuai dengan kondisi riil sosial kehidupannya. Petugas mendampingi mereka satu persatu dengan sabar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri, Suharsono melalui Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin (PFM) Perkotaan dan Pedesaan, Sukarji mengatakan, program ini bertujuan untuk mengentaskan kesenjangan atau kemiskinan melalui pemberdayaan kelompok masyarakat miskin. Pemerintah memberikan bantuan modal usaha melalui program bantuan langsung .

“Tujuannya untuk mengentaskan kesenjangan atau kemiskinan di Desa Ngeblak. Yang mana, di tahun 2018 sudah diadakan pelatihan ketrapilan membuat sapu lidi, keset, sapu ijuk, agar pelatihannya tidak sia-sia. Tahun 2019 kita tindak lanjuti pendampingannya kita memberikan bantuan social, berupa peralatan, dulu sudah pernah mempraktekkan,” kata Sukarji.

Sukarji berharap, melalui bantuan dari program KUBE, nanti masyarakat bisa eksis ke depannya dan menambah pendapatan kelompok usaha maupun anggota kelompok melalui karya yang dihasilkan. [nng/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar