Politik Pemerintahan

Dilelang, Kotak Suara KPU Jombang Laku Rp 600 Jutaan

Jombang (beritajatim.com) – Sebanyak 11.269 kotak suara alumunium milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang yang dilelang akhirnya terjual. Pemenang lelang atas nama Mat Yasin, pemgusaha asal Gresik, Jawa Timur.

Kotak berbahan aluminium tersebut terjual dengan harga Rp 607 juta. Dengan rincian sebanyak 11.269 unit atau setara 35 ribu kilogram. Proses lelang tersebut dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Malang.

“Jadi KPU tidak terlibat dalam proses lelang. Karena lelang tersebut dilakukan KPKNL Malang. Laku dengan harga Rp 607 juta,” kata Sekretaris KPU Jombang Hanif Purwanto, Rabu (13/3/2019).

Hanif menjelaskan, kotak suara berbahan aluminium tersebut hasil pengadaan tahun 2004 dan 2009. Untuk pemilu tahun ini kotak suara tersebut tidak digunakan lagi. Selama ini kotak tersebut disimpan di gudang KPU Jombang.

Nah, mulai hari ini kotak suara aluminium tersebut dikeluarkan dari gudang. Sejumlah pekerja terlihat mencopoti kotak tersebut hingga berbentuk lembaran-lembaran aluminium. Kemudian ditata sedemikian rupa.

Hanif mengungkapkan, berdasarkan data di KPKNL, yang mengikuti lelang sebanyak lima orang. Harga limit yang dipatok Rp 16 ribu per kilogram. Sementara jumlah berat total 11.269 kotak suara tersebut 35 ribu kilogram. Sehingga limit yang ditawarkan mencapai Rp 569.963.360.

“Ada lima orang yang mengikuti lelang. Pemenangnya adalah pengusaha asal Gresik atas nama Mat Yasin dengan penawaran Rp 607.000. Lima hari setelah keputusan pemenang, yang bersangkutan harus melunasinya,” pungkas Hanif. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar