Politik Pemerintahan

Didukung Aktivis 98, Pengacara Soleh Siap Maju Pilwali Surabaya 2020

Surabaya (beritajatim.com) – Pengacara M.Soleh siap maju dalam pencalonan Wali Kota Surabaya 2020-2025 nanti. Rencananya Soleh akan maju lewat jalur independen.

Menurut M sholeh, ada banyak pertimbangan untuk maju di Pilkada Surabaya. Dan jalur ini dia tempuh dengan mencalonkan diri lewat jalur independen. “Sekarang ini untuk jalur independen membutuhkan 6,5 persen dari jumlah penduduk 1 juta jiwa. Maka harus ada gugatan ke MK terkait syarat ini,” kata Soleh, Rabu (3/7/2109).

Menurut Soleh, saat ini Surabaya sedang krisis kepemimpinan pasca Risma nanti selesai. Sementara momentum Pilkada Surabaya sudah sangat dekat. Oleh karena itu sudah saatnya angkatan 98 maju dalam kontes Pilkada besok.

Soleh mengaku punya tiga modal besar sebagai calon Walikota Surabaya, pertama aktivis 98 dan pernah berjuang melawan rezim. Selain itu sebagai warga keturunan Madura yang menduduki jumlahnya sekitar 10 persen di Surabaya. Serta mantan alumni Pondok Pesantren tebu Ireng yang dianggap solid.

Terkait Pilwali Surabaya ini, soleh mengaku optimis warga Surabaya jauh lebih pintar dan realistis. “Apalagi saat ini belum ada calon yang potensial untuk tampil menyatakan diri siap maju,” tambahnya.

Sementara Kusnan rekan Soleh sesama aktifis tahun 1998 menyatakan dukungan pada Soleh karena dinilai sebagai sosok yang berani dan jujur. Dalam persoalan hukumpun kata Kusnan, sosok Soleh tidak perlu diragukan. “Selain itu juga pengalaman organisasi kepemudaan beliau juga sangat bagus, dan juga pernah melawan rezim sehingga dia dipenjara,” ujarnya.

Terkait optimisme memenangkan Pilwali nanti, Kusnan menyatakan sangat optimis karena masyarakat Surabaya juga menginginkan wajah baru kontes lima tahunan ini. “Kita selalu optimis karena prinsip kita adalah bertarung untuk menang,” ujar Kusnan yang juga tergabung dalam Paguyupan arek Surabaya ini. [uci/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar