Politik Pemerintahan

Di LDII Jatim, Khofifah Minta Perkuat Ukhuwah Islamiyah Usai Pilpres

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengajak  pengurus dan anggota DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jatim untuk bersama-sama membangun kembali, memperkuat dan mensinergikan jalinan Ukhuwah Islamiyah (Persaudaraan Islam) dan Ukhuwah Wathoniyah (Persaudaraan Bangsa) usai Pemilu 2019.

Hal ini dikatakan Khofifah saat menghadiri Silaturrahim Syawal DPW LDII Jatim di Pondok Pesantren Sabilul Rosyidin, Jalan Gayungan Surabaya, Sabtu (22/6/2019).

“Maksud kedatangan ini adalah membangun kembali penguatan dan mensinergikan Ukhuwah Wathoniyah, Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Insaniyah (persaudaraan antarmanusia). Jika selama ini ada kelonggaran-kelonggaran apakah dalam bangunan kebangsaan ataukah dalam bangunan persaudaraan antarumat Islam ataukah dalam bangunan persaudaraan antarsesama manusia, silaturrahim ini menjadi bagian penting,” ujarnya.

Ia mengatakan, silaturrahim menjadi penting, jika dibangun dengan kekuatan, komitmen dan tekad serta niat. Maka bangsa yang besar dengan keberagaman suku, agama dan bahasa sangat besar pula potensinya untuk bisa diadu domba dan dipecah.

Dia menambahkan, dirinya tidak ingin bangsa ini nasibnya sama dengan muslim di Rohingya, Palestina dan Afganistan. Oleh karena itu, Khofifah mengajak berbagai organisasi Islam untuk berperan dalam membangun bangsa di berbagai bidang dan keunggulan masing-masing untuk kehidupan masyarakat.

“Saya melihat LDII sangat kuat saat membawa ketahanan keluarga dari pusat sampai daerah, di Muhammadiyah itu pada banyak sekali amal usaha, Muhammadiyah banyak mendirikan pendidikan dan kesehatan, kalau NU banyak Pesantren,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPW LDII Jatim, Amien Adhy menambahkan, LDII Jatim fokus dalam membentuk manusia yang profesional, religius serta aktif menyosialisasikan ‘Green Dakwah’ yaitu dakwah yang menyejukkan.

“Kedua, bidang penguatan wawasan kebangsaan di Asia Timur, LDII  telah mengadakan seminar nasional Pancasila yang dihadiri oleh Jenderal TNI Purn Moeldoko selaku Kepala Staf Kepresidenan RI,” tuturnya.

Selain itu,.dalam bidang ekonomi syariah, LDII Jatim berkomitmen untuk penguatan ekonomi kerakyatan dengan mempelopori pendirian koperasi Syariah Baitul Maal Wat Tamwil dan usaha bersama.

“Alhamdulillah di seluruh Jawa Timur sudah ada 245 yang berbasis masjid yang berbentuk usaha bersama dan sudah kita kerjasamakan dengan Transmart,” pungkasnya. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar