Politik Pemerintahan

Demi Kinerja Produktif, Pemkab Ponorogo Rampingkan SOTK

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemkab Ponorogo berencana menggabungkan sejumlah dinas yang dinilai kurang bermanfaat. Tahun 2016 merupakan kali terakhir ‘utak-utik’ terhadap struktur organisasi dan tata kerja (SOTK).

“Sudah tiga tahun berjalan, kini waktunya untuk dievaluasi,” kata Sekdakab Ponorogo Agus Pramono terkait perubahan SOTK yang dulu ditetapkan melalui Perda 6/2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Agus menyebut, pihaknya menyelipkan rencana evaluasi perda SOTK tersebut pada pembahasan program pembentukan perda (propemperda) di DPRD beberapa waktu lalu. Dia mengungkapkan sejumlah dinas yang telah dipisah berpeluang digabungkan kembali.

Semisal, Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan. Penggabungan dua dinas itu diklaim lebih efisiensi dan koordinasi yang lebih efektif. “Jadi nanti ada dinas atau badan yang dievaluasi tidak efektif, rencananya akan digabung,” katanya.

Agus menambahkan, saat ini rencana itu masih pembahasan. Kepada awak media, Agus belum mengungkap secara spesifik dinas atau badan mana saja yang akan digabung. Namun Dia memberikan isyarat bahwa penggabungan hanya dimungkinkan untuk dinas atau badan yang serumpun.

“Kalau digabung bisa saja dapat lebih bermanfaat. Rencana ini sudah kami sampaikan ke Pemprov, dan mereka sudah oke,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar