Politik Pemerintahan

Debat Keempat, PDIP Jatim: Pertebal Kemenangan Jokowi

Surabaya (beritajatim.com) – PDI Perjuangan Jatim optimistis penyelenggaraan debat keempat calon presiden pada Sabtu (30/3/2019) hari ini bakal menjadi momentum untuk mempertebal kemenangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Debat tersebut akan membahas tentang ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional.

“Kami yakin pasca debat nanti Insya Allah masyarakat semakin yakin berbondong-bondong memilih Pak Jokowi. Ini mempertebal kemenangan Pak Jokowi,” ujar Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi.

Kusnadi mengatakan, tema debat keempat ini sarat dengan prestasi Jokowi. Misalnya, prestasi hubungan internasional. “Pak Jokowi telah menunjukkan kemampuannya menjadikan Indonesia sebagai negara yang disegani di kancah dunia lewat diplomasi yang unggul dan peningkatan daya saing bangsa,” kata Kusnadi.

Kusnadi mencontohkan prestasi membawa Indonesia menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB. “Pak Jokowi berhasil membawa Indonesia diakui sebagai negara yang berperan strategis dalam menjaga perdamaian dunia,” tutur Kusnadi yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Jokowi, sambung Kusnadi, juga terus menjadi rujukan dunia. Pidatonya di forum internasional selalu memukau, dengan analogi-analogi yang menyentak kesadaran publik global. Misalnya, pidato memukau di ajang World Economic Forum (WEF) ASEAN dengan menggambarkan ekonomi dunia seperti perang tak terbatas atau ‘infinity war’ dalam film Avengers.

“Pak Jokowi mampu membangun kesadaran dunia internasional bahwa perang ekonomi justru tak menguntungkan, seperti halnya trade war AS dan China. Yang harus dibangun adalah keseimbangan, kolaborasi,” jelas Kusnadi.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari menambahkan, Jokowi juga dikenal sangat tegas ketika membangun relasi internasional. Contohnya, keberanian mengubah nama sebagian Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara. Hal ini mengirim sinyal kepada dunia, terutama China, bahwa kedaulatan Indonesia akan didirikan setegak-tegaknya oleh Jokowi.

“Pak Jokowi juga selalu perhatian kepada permasalahan konflik di dunia. Misalnya ketika ada pengusiran Etnis Rohingya di Myanmar, Pak Jokowi bersikap keras dan mengirimkan bantuan. Bahkan, beliau hadir langsung mengunjungi pengungsi Rohingya yang terusir ke Bangladesh,” papar wakil rakyat dari Malang tersebut.

Tema debat lain seperti pemerintahan juga dinilai Untari bakal menjadi keunggulan Jokowi. “Karena terbukti kan Pak Jokowi mampu mewujudkan pemerintahan yang efektif, dengan dorongan yang kuat pada program-program kerakyatan,” katanya.

“Dengan pembahasan tema debat yang terukur dan track record kinerja, debat nanti akan menjadi momen menyolidkan dukungan rakyat untuk Pak Jokowi,” pungkas Untari. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar