Politik Pemerintahan

Dari Embarkasi Hingga Debarkasi, Tercatat Ada 42 Haji Meninggal di Tanah Suci

Surabaya (beritajatim.com) – Inalilahi wainalilahi rojiun berita duka terkabar di jemaah haji debarkasi Surabaya. Hingga Kamis (22/8/2019), data sistem kompeter terpadu (siskohat) Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Timur mencatat ada 42 haji meninggal di Arab Saudi.

Para haji ini meninggal dunia di tanah suci lantaran sudah mengidap penyakit dan mereka merupakan haji beresiko tinggi (risti). Jamal, Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kanwil Jatim menjelaskan, jemaah haji yang meninggal dunia akan dimakamkan di Makam Baqi. “Semua jemaah haji yang meninggal tak bisa dibawa pulang. Jadi dimakamkan di makam baqi,” jelasnya kepada beritajatim.com, Kamis (21/8/2019).

Pemakaman baqi sendiri merupakan pemakaman khusus buat jemaah haji pendatang terutama Warga Negara Indonesia (WNI). Setiap tahun dalam pelaksanaan haji di Indonesia, Kemenag selau mencatat adanya haji yang meninggal. “Kita catat semua supaya ahli waris bisa mendapatkan asuransi dan sertifikat haji,” papar Jamal.

Sementara untuk asuransi sendiri para ahli waris bisa mengurus surat kematian agar bisa mengambil asuransi sekitar Rp 18 juta. “Asuransi kematian sekitar Rp 18 juta, kurang lebih segitu dan bisa diambil melaui Kantor Kementerian Agama,” pungkasnya.(man/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar