Politik Pemerintahan

Dana Desa 2020 di Pamekasan Capai Rp 204 M

Pamekasan (beritajatim.com) – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, Ach Faisol menyampaikan alokasi anggaran Dana Desa (DD) pada tahun ini mengalami peningkatan dari anggaran tahun sebelumnya.

Jika pada tahun sebelumnya dianggarkan sebesar Rp 198 miliar, saat ini naik mencapai angka sebesar Rp 204 miliar pada tahun 2020. Jumlah tersebut nantinya bakal dibagi untuk 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

“Besaran DD ini nantinya akan dibagi untuk 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan, namun pembagian anggaran itu nantinya juga akan disesuaikan dengan Permenkeu (Peraturan Menteri Keuangan) Republik Indonesia,” kata Kepala DPMD Pamekasan, Ach Faisol, Rabu (13/11/2019).

Pihaknya juga menyampaikan mekanisme pembagian anggaran khusus desa tersebut juga variatif. Dalam artian antara desa yang satu dengan lainnya terdapat perbedaan angka. “Perbedaan lainnya juga soal afirmasi. Pada tahun sebelumnya sebesar 3 persen, tapi pada tahun depan berubah menjadi 1,5 persen,” ungkapnya.

“Tidak hanya itu, pembagian DD antara satu desa dengan desa lainnya juga ada rumusnya. Di antaranya harus proporsional, adil dan merata sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku,” jelas pimpinan yang akrab disapa Pak Faisol.

Seperti diketahui, di kabupaten Pamekasan terdapat sebanyak 189 desa maupun kelurahan yang tersebar di seluruh kecamatan. Namun dalam persoalan DD hanya difokuskan untuk desa yang tercatat sebanyak 178 desa, sedangkan 11 lainnya merupakan kelurahan. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar