Politik Pemerintahan

Cegah dan Kurangi Risiko Bencana, Pemkab Mojokerto Komitmen Jaga Oksigen

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi dalam kegiatan penanaman pohon bersama di RPH Claket Desa Kembang Belor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Pemkab Mojokerto berkomitmen untuk menjadi bagian dalam ketersediaan oksigen guna menyokong kehidupan. Seruan tersebut disampaikan Bupati Mojokerto dalam kegiatan penanaman pohon bersama di RPH Claket Desa Kembang Belor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Kamis (16/1/2020).

“Dari segi ekologi pohon dapat mencegah dan mengurangi risiko bencana, juga penyimpan cadangan air. Minimal satu batang pohon, bisa mencukupi oksigen satu orang. Selain itu, pohon sarat manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar,” ungkap Bupati Mojokerto, Pungkasiadi.

Kegiatan penanaman pohon dalam rangka aksi peduli lingkungan tersebut, Bupati tak lupa mengingatkan untuk mengembalikan fungsi hutan sebagaimana kodratnya. Menurutnya keseimbangan alam yang terjaga, akan memberi manfaat lebih bagi kehidupan manusia.

“Beberapa bencana alam disebabkan hutan yang tak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Pengatur tata air kita rusak. Padahal masih ada generasi mendatang, yang juga ingin menikmati manfaat hutan. Saya mengapresiasi kegiatan kali ini, dimana kita bisa melakukan tindakan kecil namun bisa memberi manfaat besar untuk kelangsungan hidup,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati mengucapkan terima kasih pada Perhutani, jajaran Kodim, para tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda serta semua pihak yang terlibat. Kegiatan penanaman pohon bersama diawali apel dan penyerahan berbagai jenis bibit pohon secara simbolis.

Turut dihadiri Kapolres Mojokerto, Komandan Kodim 0815, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Kepala DLH Kabupaten Mojokerto, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Nganjuk, Kepala Bapas Brantas Sampean, Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto, Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah, Pengasuh Ponpes Fachul Ulum, Forkopimca, OPD terkait dan anggota Pramuka. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar