Politik Pemerintahan

Cara Polres Jombang Antisipasi Pergerakan Massa ke Jakarta

Jombang (beritajatim.com) – Untuk menghadap gelombang massa yang pergi ke Jakarta guna mengikuti aksi menduduki KPU pada 22 Mei 2019, Polres Jombang melakukan razia di dua titik perbatasan. Masing-masing di kawasan Mojoagung yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan kawasan Bandar Kedungmulyo yang notabene berbatasan langsung dengan Kabupaten Nganjuk dan Kediri.

Kapolres Jombang, AKBP Fadli Widianto mengatakan, razia skala besar tersebut adalah bagian dari pengamanan Pemilu 2019, serta sebagai langkah antisipasi adanya isu tentang gerakan kedaulatan rakyat pada 22 Mei mendatang bertepatan dengan penetapan pengumuan KPU hasil dari pemilu 2019.

“Saya perintahkan seluruh jajaran untuk melaksanakan razia penyekatan massa yang akan ke Jakarta. Ini sekaligus dilakukan sebagai wujud Cipta Kondisi Kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Jombang,” ujar Fadli di Mapolres Jombang, Minggu (19/5/2019).

Kapolres menjelaskan, razia skala besar itu difokuskan di dua titik, yakni di Kecamatan Mojoagung dan Bandar kedungmulyo. Dua titik tersebut adalah pintu masuk dan keluar Kabupaten Jombang baik dari sisi Timur maupun sisi Barat.

Kapolres juga membeber tiga sasaran razia. Pertama, kelompok gang motor yang ramai khususnya pada Ramadan. Kedua antisipasi premanisme dan dan barang bawaan berupa sajam (senjata tajam) dan barang berbahaya lainnya.

“Ketiga, perintah direktif untuk melaksanakan razia penyekatan menjelang rencana aksi poeple power yang dilaksanakan 22 Mei 2019 di Jakarta. Makanya kendaraan yang disasar adalah mobil pribadi, mobil box dan bus penumpang. Kendaraan yang melintas di kawasan perbatasan itu kita hentikan untuk dilakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Fadli menghimbau agar masyarakat yang akan berangkat ke Jakarta membatalkan niatnya. Karena akan lebih banyak mudaratnya daripada maslahatnya. “Dari razia tersebut, kita belum menemukan adanya pergerakan massa dari Jombang ke Jakarta,” pungkasnya. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar