Politik Pemerintahan

Capai 75 Persen, 5 Kecamatan di Kabupaten Mojokerto Penuhi Target PBB-P2

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak lima kecamatan di Kabupaten Mojokerto telah memenuhi target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2019. Hal ini disampaikan dalam evaluasi PBB-P2 bersama camat se-Kabupaten Mojokerto.

Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Siswadi mengatakan, top five kecamatan dengan penerimaan PBB-P2 terbaik tahun ini adalah Mojosari, Dawarblandong, Mojoanyar, Jetis dan Gedeg. “Sedangkan 5 kecamatan yang perlu perhatian,” ungkapnya, Rabu (17/7/2019).

Yakni Kecamatan Jatirejo, Kutorejo, Trowulan, Puri dan Kemlagi. Evaluasi ini sendiri berfokus pada kinerja laporan PBB-P2 yang diperoleh pemerintah dari buku I, II dan III sampai tanggal 9 Juli 2019 sebesar Rp 15 miliar lebih atau 30,26 persen.

“Dengan kata lain mengalami peningkatan 4,15 persen sebesar Rp2 miliar lebih, dibanding dengan realisasi penerimaan PBB-P2 buku I, II dan III tahun 2018 sebesar Rp13 miliar lebih atau 26,11 persen. Berdasar tahapan pemungutan dan target penerimaan, penerimaan PBB sampai dengan akhir Juli 2019 adalah 75 persen,” katanya.

Meski masih ada kecamatan yang belum memenuhi target penerimaan, Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi tetap menyemangati pada para camat yang daerahnya belum bisa meraih target tersebut.¬†“Masih ada kecamatan yang tidak memenuhi PBB-P2 yang sudah ditargetkan,” ujarnya.

Buku yang sudah diberikan pada Januari dan jatuh tempo September tetapi belum dapat meraih prosentase yang diharapkan. Wakil Bupati meminta untuk terus diperhatikan dan diperbaiki. Hasilnya akan diumumkan pada 17 Agustus depan.

Evaluasi ini juga dihadiri Kepala Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Mojokerto Muslim serta OPD terkait. Selain pembahasan evaluasi PBB, disertakan juga sosialisasi dari PN Mojokerto tentang surat layanan elektronik. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar