Politik Pemerintahan

Camat Tanggul Kaget Ada Video Kampanye ‘Salam 2 Periode’

Jember (beritajatim.com) – Camat Tanggul Muhammad Ghozali menjalani pemeriksaan selama kurang lebih setengah jam di kantor Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (24/2/2020) petang.

Ghozali datang pukul 16.23 dan mulai menjalani pemeriksaan tertutup pukul 16.30. Dia diperiksa langsung Ketua Bawaslu Jember Imam Thobroni Pusaka, terkait beredarnya video yang menayangkan kampanye dua periode yang mendukung Bupati Faida.

Usai diperiksa, Ghozali mengatakan, tidak berniat kampanye atau mendukung. “Saya juga tidak tahu yang memvideo siapa. Saya juga baru sadar setelah ada informasi dari beberapa teman. Saya kaget juga,” katanya.

Ghozali menegaskan, tidak ada instruksi dari siapapun untuk pembuatan video itu. “Dan saya baru tahu aturannya setelah di-share,” katanya.

“Pikiran saya lagi, kan belum masa penetapan calon. Tapi sudahlah. Yang penting saya tidak ada niatan itu,” kata Ghozali.

Video tersebut dibuat, saat Ghozali menyalurkan bantuan kursi roda dari Dinas Sosial Jember kepada perempuan tua difabel warga Desa Kramat Sukoharjo pada 13 Februari 2020. “Kursi roda harus disalurkan. Bantuan itu harus saya pastikan diterima,” katanya.

Dalam video itu, Ghozali menuntun ucapan perempuan tua tersebut dan beberapa kali mengoreksinya. Ia didampingi seorang pria lainnya. “Terima kasih, Pak Bupati,” kata perempuan itu.

“Ibu,” sahut Ghozali mengoreksi.

Perempuan tua itu pun membetulkan pernyataannya: “Ibu Bupati atas bantuannya, terima kasih banyak.”

Lalu Ghozali melanjutkan ucapannya yang ditirukan sang perempuan itu. “Semangat Bu, salam dua periode.” Tangan kiri si perempuan tua mengacungkan jempol dan dua jari tangan kanannya membentuk V. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar