Politik Pemerintahan

Calon Kades di Tuban Diminta Siap Menang dan Kalah

Tuban (beritajatim.com) – Bupati Tuban, H Fathul Huda turun lapangan dengan mendatangi beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di empat desa di empat Kecamatan di Kabupaten Tuban guna melihat secara langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang berlangsung serentak hari ini, Rabu (10/7/2019).

Dalam kunjungannya itu, Bupati Tuban menyatakan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak di Tuban Bumi Wali ini berlangsung dengan lancar dan damai.

Bahkan untuk tingkat kehadiran dari masyarakat guna menentukan Kepala Desa sangat tinggi bahwa rela untuk mengantre.

Data yang dihimpun beritajatim.com, empat lokasi yang dikunjungi oleh Bupati Tuban dalam peninjauan pelaksanaan Pilkades itu berada di Desa Widang, Kecamatan Widang, Desa Penidon, Kecamatan Plumplang, Desa Gesing, Kecamatan Semanding. Dan kunjungan terakhir di TPS yang ada di Desa Cendoro, Kecamatan Palang, Tuban.

“Pelaksanaan Pilkades ini cukup mengesankan. Antusias warga sangat tinggi. Bisa di atas 90 persen lebih kehadirannya,” ungkap H Fathul Huda, Bupati Tuban setelah kegiatan kunjungan tersebut.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan bahwa pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut benar-benar menjadi pesta demokrasi bagi masyarakat. Yang mana kegiatan Pilkades serentak itu menjadi momen yang menggembirakan bagi masyarakat di tingkat desa untuk memilih pemimpinnya.

Warga rela antri untuk memilih dalam Pelaksanaan Pilkades di Tuban

“Warga yang mengikuti betul-betul dijadikan pesta. Jadi bukan suatu yang serius, semua warga gembira untuk ikut merayakan pesta demokrasi ini,” tambah

Bupati meminta kepada seluruh calon Kades di Kabupaten Tuban untuk bisa terus saling menghormati antara satu calon dengan calon lainya. Tak hanya itu, para pendukung masing-masing Kades diharapkan untuk tetap bisa menjaga situasi dengan siap menerima kekalahan jika tidak terpilih.

“Saya berharap semua calon bisa saling menghormati, semua harus siap kalah maupun menang. Pelaksanaan Pilkades ini berjalan dengan aman dan lancar. Pesta demokrasi seperti ini supaya bisa menjadi percontohan nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Tuban tahun 2019 ini terdapat sebanyak 273 desa dari 20 kecamatan di Tuban itu yang melakukan pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa itu. Dari jumlah tersebut terdapat sebanyak 668 Calon Kepala Desa (Cakades) yang ikut dalam pemilihan untuk menjadi pemimpin di desa selama 6 tahun ke depan.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar